Jumat, 26 Januari 2024 09:14

Manfaat Menulis Bagi Pemula untuk Mengasah Kreativitas

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: pexels.com)
(Foto: pexels.com)

Salah satu manfaat menulis adalah bisa mengasah kreativitas agar bisa menghasilkan karya yang bagus.

RAKYATKU.COM -- Menulis adalah salah satu kegiatan yang bisa diajarkan sejak dini khususnya ketika duduk di bangku sekolah. Hal ini karena ada banyak manfaat menulis yang akan dirasakan siswa seperti membantunya dalam proses pembelajaran.

Lewat kegiatan menyenangkan ini, siswa akan terbiasa untuk menuangkan ide atau isi pikirannya dalam bentuk karya. Kegiatan menulis juga perlu diimbangi dengan kegiatan membaca agar karya yang dihasilkan semakin matang.

Manfaat Menulis

Aktivitas membaca dan menulis adalah dua kegiatan yang tidak bisa dipisahkan. Sebab, rata-rata seorang penulis bisa menghasilkan karya luar biasa karena ada kegemaran membaca. Penulis bisa mendapatkan ide juga dari aktivitas membaca.

Menulis adalah kegiatan berpikir yang paling sempurna. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena dengan menulis seseorang bisa memahami sesuatu jadi lebih mudah. Berikut ini beberapa manfaat menulis yang penting diketahui.

Mengasah Kreativitas

Manfaat pertama adalah untuk mengasah kreativitas lewat imajinasi seseorang. Anda bisa menuliskan apa saja yang terlintas di otak sehingga menjadi sebuah karya. Ketika sedang menulis, secara tidak langsung otak akan memikirkan ide baru.

Hal ini yang membuat manusia bisa berpikir semakin kreatif serta dapat membuat intuisi terbuka untuk menemukan solusi atas masalah yang sulit dipecahkan.

Contohnya dalam membuat cerita, seorang penulis tidak hanya memikirkan konflik yang dibahas, tetapi juga penyelesaiannya. Bagaimana penulis bisa membuat pembaca ikut terhanyut dalam tulisan lewat alur yang menarik.

Menjadi Lebih Produktif

Menulis adalah kegiatan yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas. Anda tidak harus menulis dengan laptop atau komputer karena bisa menulis lewat buku harian atau kertas.

Dengan begitu, otak akan tampak fokus dalam membuat sebuah rancangan kegiatan karena sudah melakukan “pemanasan” sebelum beraktivitas. Jadi, ketika Anda bekerja, otak sudah siap. Tidak perlu menulis hal yang berat kalau masih belum terbiasa.

Anda bisa menulis apa saja yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari misalnya apa yang Anda pikirkan tentang diri sendiri. Atau bisa juga menulis tentang aktivitas sehari mulai dari bangun pagi hingga tidur malam.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa yang Baik dan Benar

Selain meningkatkan kreatifitas dan produktifitas, manfaat menulis lainnya adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Selama menulis, Anda akan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan EYD dan KBBI.

Dalam menulis, tidak bisa menggunakan bahasa sesuka hati karena sudah ada pedomannya. Hal ini juga untuk membiasakan diri agar bisa berkomunikasi dengan baik saat berinteraksi dengan orang lain.

Salah satu hal yang bisa dipelajari dari menulis adalah melatih diri untuk memilih pilihan kata yang tepat digunakan.

Sebagai Aktivitas Journaling

Selanjutnya adalah sebagai bentuk aktivitas menulis jurnal. Anda bisa menuangkan isi hati dan pikiran kemudian membacanya ulang. Ini sama dengan kegiatan journaling agar Anda merasa lega.

Misalnya Anda menulis setelah pulang bekerja, menceritakan semua yang terjadi di tempat kerja, menulis pengalaman selama perjalanan ke tempat kerja, dan banyak hal lainnya. Dengan begitu perasaan akan menjadi lebih nyaman dan terhibur.

Menguatkan Daya Ingat

Menguatkan daya ingat juga salah satu manfaat menulis yang perlu diketahui. Ketika menulis, mata dan tangan akan bekerja sedangkan otak akan mencari ide yang bisa ditulis. Dengan menulis, otak kanan dan otak kiri akan terus bekerja sehingga meningkatkan fokus.

Otak tidak hanya mencari ide saja, melainkan juga menyusun kerangka tulisan hingga tulisan tersebut selesai. Apabila otak terus digunakan untuk beraktivitas seperti menulis, maka semakin banyak informasi baru yang tersimpan.

Manfaatnya adalah otak akan terus aktif sehingga bisa menguatkan daya ingat karena kinerjanya sama seperti otot. Otot yang terus dilatih akan bertambah kuat sehingga tubuh semakin sehat.

Menghasilkan Uang

Apabila Anda memutuskan untuk bekerja di bidang freelance writing atau kepenulisan, maka bisa mendapatkan tambahan uang. Anda bisa menghasilkan uang dari hobi, itu adalah hal yang menyenangkan.

Ada banyak manfaat menulis yang perlu Anda ketahui salah satunya adalah meningkatkan daya ingat. Bagi Anda yang membutuhkan contoh tulisan karena masih pemula atau ingin bekerja sama dengan jasa penulisan bisa klik di sini.