Rabu, 24 Januari 2024 12:34

Hadiah Awal Tahun, Unismuh Makassar Berhasil Capai Target, Begini Roadmap 2044

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Road map 2044 disebutkan wakil Rektor saat jumpa pers selasa (23/1)
Road map 2044 disebutkan wakil Rektor saat jumpa pers selasa (23/1)

Tahap pertama, Unismuh menargetkan mencapai akreditasi Unggul dan bereputasi nasional (Excellent and National Reputable University) pada periode 2020-2024

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil mencapai tahap pertama dari enam fase dalam Road Map pengembangan Unismuh 2020-2044.

Tahap pertama itu, yakni menjadi kampus bereputasi nasional pada tahun 2024, yang ditunjukkan dengan akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda saat konferensi pers atas capaian akreditasi Unggul Unismuh. Konferensi pers digelar di Ruang Senat, lantai 17 Gedung Iqra Kampus Unismuh Makassar, Senin, 23 Januari 2024.

Baca Juga : Gelar Lebaran Hari Rabu, Unismuh Tetap Fasilitasi Pemantauan Hilal Kemenag Selasa Besok

Turut hadir dalam temu media , Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, dan Ketua Badan Penjaminan Mutu Unismuh Dr Burhanuddin.

Road Map Unismuh 2044

Pada tahap pertama, Unismuh menargetkan mencapai akreditasi Unggul dan bereputasi nasional (Excellent and National Reputable University) pada periode 2020-2024. Tahap ini telah tercapai dengan capaian akreditasi Unggul BAN PT.

Baca Juga : Buka Puasa Bersama, Unismuh Makassar Berbagi dengan Panti Asuhan

Tahap kedua, lanjut Rakhim Nanda adalah fase menuju universitas riset dan bereputasi internasional. Riset (Toward Research and International Reputable University) pada 2024-2028. “Pada fase ini, Unismuh akan menyusun tata kerja untuk internasionalisasi universitas melalui pembangunan sumber daya manusia, yang berkemampuan, berwawasan global, dan bersinergi secara global, jelas Rakhim Nanda

Ia melanjutkan, pada tahap ketiga yakni universitas bereputasi internasional (International Reputable University) pada 2028 hingga 2032.

“Kami akan mempersiapkan fondasi sebagai universitas yang diakui secara internasional dengan indikator SDM yang berkemampuan, berwawasan global, dan bersinergi secara global. Sederhananya, Unismuh lebih dikenal secara internasional," kata Rakhim.

Baca Juga : Hadirkan Tim Kemdikbud, Unismuh Gelar Pelatihan Penyamaan Persepsi dan Seleksi Asesor Beban Kerja Dosen

Fase selanjutntya, tahap keempat, Universitas Riset (Research University) pada 2032-2036. “Fokus pada tahap ini, pada peningkatan penelitian, kolaborasi nasional dan internasional, serta menghasilkan inovasi dan produk ilmu pengetahuan yang bereputasi internasional,” ujarnya.

Tahap kelima, menuju Edupreneurship University pada periode 2036-2040. Pada tahap ini, kata Rakhim, Unismuh akan memasukkan kewirausahaan sebagai bagian integral dari proses pendidikan.

Terakhir, tahap keenam, Unismuh menargetkan menjadi Edupreneurship University pada periode 2040-2044. "Kami berharap semua produk penelitian dosen, dapat dihilirisasi oleh dunia industri, dan dirasakan oleh masyarakat," kata Wakil Rektor bidang akademik dan kerja sama Unismuh Makassar itu.

#Roadmap Unismuh #Unismuh Makassar