Rabu, 24 Januari 2024 10:26

Wakil Ketua DPRD Parepare Desak Pemkot Cari Sumber Pendapatan Baru

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Ketua DPRD Parepare Desak Pemkot Cari Sumber Pendapatan Baru

"Pemkot perlu lebih kreatif meningkatkan pendapatan daerah. Jangan sampai kalau beban daerah makin banyak justru pajak yang akan dinaikkan,"

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Wakil Ketua DPRD Parepare Rahmat Sjamsu Alam mendesak Pemkot menciptakan sumber pendapatan baru. Menurutnya, hal itu untuk mengantisipasi krisis keuangan daerah.

"Kalau tidak ada sumber pendapatan baru, kita bisa kesulitan untuk mengatur keuangan daerah," ungkap Rahmat saat ditemui di Warkop 588, Rabu (24/01/2024).

Ia menjelaskan total pendapatan daerah Parepare berkisar Rp170 miliar. Dari nilai itu, hanya Rp60 miliar yang dapat dikelola. Olehnya itu, ia mendorong Pemkot lebih kreatif untuk meningkatkan pendapatan.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Andi Makkasau

"Pemkot perlu lebih kreatif meningkatkan pendapatan daerah. Jangan sampai kalau beban daerah makin banyak justru pajak yang akan dinaikkan," ungkapnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Parepare itu menyarankan agar Pemkot merancang perencanaan pembangunan jangka panjang. Menurutnya, Parepare perlu ada tujuan besar melalui perencanaan pembangunan jangka 10 tahun ke depan.

"Perlu ada road map untuk merancang perencanaan pembangunan daerah. Jangan selalu berubah-ubah tapi tidak ada hasil peningkatan pendapatan," sorotnya.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Politisi yang akrab dengan akronim RSA itu menyebut pemanfaatan peti kemas pelabuhan salah satu sumber pendapatan baru.

"Termasuk pelabuhan kan itu bisa dimaksimalkan untuk sumber pendapatan kita. Apalagi dengan adanya pembangunan IKN kita bisa menjadi penyalur sumber pangan dari daerah tetangga di Ajatappareng," pungkasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#dprd parepare #Rahmat Sjamsu Alam #Pemkot Parepare