Minggu, 21 Januari 2024 19:23

KNPI Ngobrol Bareng Gen Z, Indah Hadir Menginspirasi

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KNPI Ngobrol Bareng Gen Z, Indah Hadir Menginspirasi

Indah berpesan untuk tidak cepat putus asa karena tiap orang punya waktunya untuk sukses.

RAKYATKU.COM -- Indikator sukses tak selalu diukur dengan angka-angka.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka kegiatan Kelas Inspirasi Ngobrol bareng Gen Z menuju Indonesia Emas yang digelar DPD KNPI Luwu Utara, Sabtu (20/1/2024) malam.

"Hanya sekira 15% orang sukses ditunjang nilai akademi tapi saya tidak bilang untuk mengabaikan tugas sekolah. 85% sukses ditentukan soft skill yaitu kemampuan berempati dan berinteraksi, juga kemampuan membangun jaringan," kata Indah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Jadi tidak selalu hanya angka-angka tapi banyak indikator sukses lainnya. Dan kalau kita tidak kuat di satu hal maka cari dan gali potensi diri, stabilkan diri, dan pilihan-pilihan kita," terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini di hadapan ratusan pelajar tingkat SMA sederajat yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Indah berpesan untuk tidak cepat putus asa karena tiap orang punya waktunya untuk sukses.

"Pohon bambu itu kokoh tapi ternyata ketika pertama kali ditancapkan dia tidak tumbuh. Butuh waktu lima tahun baru muncul tapi dalam 6 bulan berikutnya pertumbuhannya cepat sekali. Pesannya adalah ketika kamu melakukan sesuatu dan berpikir kelihatannya tidak berhasil, jangan cepat putus asa, just do it! Karena hidup butuh proses," jelas Indah.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Lakukan dengan bahagia; enjoy the process karena waktumu tidak akan kembali. Jangan insecure, coba belajar untuk tidak mengatakan sesuatu jika kamu tidak meyakini kebenarannya dan usahakan untuk tidak mengomentari sesuatu jika kamu belum mencari tahu," pesan mantan Dosen Universitas Indonesia ini.

Pada kesempatan tersebut, Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini mengapresiasi KNPI Luwu Utara yang telah memberi ruang untuk diskusi.

"Atas nama Pemda, kami mengapresiasi teman-teman KNPI Luwu Utara. Memang kita perlu terus belajar dan melihat dari pelbagai perspektif dari senior kita bahkan dari teman-teman, sebab semakin banyak insight dan wawasan tentu akan memperkaya diri kita dalam mempersiapkan masa depan," tutur Indah.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Sebelumnya, Ketua KNPI Luwu Utara, Amrillah To Dewi melaporkan Kelas Inspirasi merupakan agenda tahunan dan pertama kali dilaksanakan dalam konsep outdoor.

"Harapan kami Gen Z kelak menjadi pemeran utama dalam meraih dan mensukseskan Bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas maka kita perkenalkan sesering mungkin dalam ruang-ruang diskusi santai seperti hari ini," terang Amrillah di Bukit Tirosoe tempat kegiatan berlangsung.

#Indah Putri Indriani #pemkab luwu utara #knpi