Jumat, 19 Januari 2024 17:11

UIM Berkemilau di Tingkat Nasional: Menjadi Salah Satu dari 128 PT se-Indonesia Penerima PMM 4

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
UIM Berkemilau di Tingkat Nasional: Menjadi Salah Satu dari 128 PT se-Indonesia Penerima PMM 4

Badruddin Kaddas dalam telekomprens mengungkapkan bahwa UIM kembali mendapat kepercayaan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) sebaga kampus penerima program PMM 4 Kemdikbud Ristek RI setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi yang sangat ketat.

RAKYATKU.COM -- Universitas Islam Makassar (UIM) menghadiri undangan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) sebagai salah satu dari 128 Perguruan Tinggi penerima Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4 (PMM 4) tahun 2024 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kamis 18/1/2024) di Plaza Insan Pendidikan Berprestasi, Gedung A Lantai 1 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jln. Jenderal Sudirman, No. 19, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan ini UIM diwakili oleh Wakil Rektor II Badruddin Kaddas, sekaligus selaku ketua koordinator/PIC MBKM UIM bersama Kabag PDPT dan Tri Dharma Muh. Nur, sekaligus sebagai Tim PMM MBKM UIM.

Badruddin Kaddas dalam telekomprens mengungkapkan bahwa UIM kembali mendapat kepercayaan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) sebaga kampus penerima program PMM 4 Kemdikbud Ristek RI setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi yang sangat ketat.

Baca Juga : Unismuh Makassar Sambut Kedatangan 49 Mahasiswa dari 31 Perguruan Tinggi se Indonesia

Tercatat ratusan PT mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi, tetapi hanya 210 PT yang dinyatakan lolos seleksi. Namun, dari 210 PT tersebut hanya 128 PT dan khusus di pulau Sulawesi hanya 13 PT yang diminati oleh mahasiswa sebagai kampus tempat mereka menimba ilmu selama satu semester.

"Pada PMM 4 ini UIM menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia Timur yang dipilih oleh mahasiswa (Inbound) dari luar pulau Sulawesi untuk melaksanakan perkuliahan selama satu semester," ujar Badruddin.

Pendaftar mahasiswa Inbound yang memilih UIM sebanyak lebih 200 orang dan setelah mengikuti seleksi yang sangat ketat, yang lolos sebanyak 44 orang mahasiswa yang berasal dari 36 Perguruan Tinggi yang tersebar dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Baca Juga : UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 78 Mahasiswa Inbound PMM 3

"Selain menerima mahasiswa inbound, UIM juga mengirim sebanyak 12 orang mahasiswa inbound untuk mengikuti perkuliahan satu semester di kampus di luar pulau Sulawesi," ungkap Badruddin.

Dr. Ahmad Hanafie, Wakil Rektor 1 UIM selaku penanggung jawab program MBKM dalam jumpa peresnya mengemukakan bahwa kita patut bersyukur dan berbahagia karena UIM kembali mendapat prestasi ditingkat nasional lolos sebagai kampus penerima mahasiswa inbound PMM 4.

Hal ini menandakan bahwa UIM telah sejajar dengan kampus besar di Indonesia yang telah menyelenggarakan pendidikan sesuai standar nasional dan memiliki ciri khas kearifan lokal Sulawesi sehingga dapat menarik minat mahasiswa kuliah di UIM.

Baca Juga : Sadaruddin Dosen FKIPS UIM Al Gazali Raih Doktor di UNM

Prof. Dr. KH. Muammar Bakry, selaku Rektor Universitas Islam Makassar dalam telekomprensnya mengatakan bahwa lolosnya UIM ini sebagai salah satu dari 128 se Indonesia atau salah satu dari 13 kampus di pulau Sulawesi menjadi bukti nyata UIM telah berkemilau ditingkat Nasional.

"Sejauh ini UIM bersama LPTNU se Indonesia telah berkontribusi mensukseskan program MBKM semenjak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020, baik itu yang diinisiasi oleh pemerintah maupun secara mandiri dan telah memeroleh berbagai penghargaan," ujarnya.

Salah satunya adalah apresiasi langsung dari Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menjadi Kampus Urutan ke 5 Besar dari kurang lebih 275 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama yang paling banyak mahasiswanya mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Rakernas Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan Konferensi PTNU yang di gelar kemarin pada tanggal 8-10 Maret 2023 di Medan.

Baca Juga : Buka PPG Angkatan Kedua, Rektor UIM Al-Gazali: Profesi Guru adalah Profesi yang Mulia

Program PMM MBKM diharapkan dapat terus di laksanakan karena program ini dapat melakukan eksplorasi budaya dari kampus lain sehingga dapat membekali mahasiswa dengan berbagai kompetensi, keterampilan dan karakter untuk menjadi generasi emas yang berkarakter, adaptif, unggul dan berwawasan global menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

Asri Aldila Putri, Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada 128 PT se Indonesia yang telah terpilih menjadi kampus penerima PMM 4.

Program PMM MBKM ini diharapkan dapat menjadi kesempatan mahasiswa menimbah ilmu dan mengeksplor budaya di kampus lain yang dapat diperoleh salah satunya melalui mata Kuliah Modul Nusantara yang materinya terdiri dari kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

#PMM #Badruddin Kaddas #Universitas Islam Makassar