Kamis, 18 Januari 2024 19:09

Waspada Stroke di Usia Muda, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dokter Spesialis Neurologi Rumah Sakit Andi Makkasau, dr. Ikhwan. (Foto: tangkapan layar video)
Dokter Spesialis Neurologi Rumah Sakit Andi Makkasau, dr. Ikhwan. (Foto: tangkapan layar video)

dr. Ikhwan juga mengatakan jika stroke masuk 5 besar dengan kesembuhan jangka panjang. Dalam 17 tahun terakhir, kasus ini terus mengalami peningkatan hingga 50 persen.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Stroke merupakan gangguan fungsional otak, saraf tulang belakang atau retina mata akibat adanya masalah di pembuluh darah yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala berlangsung lebih dari 24 jam serta dapat menyebabkan kematian.

Dulunya, penyakit ini identik menyerang orang tua atau lansia, namun saat ini terdapat pola pergeseran epidemiologi stroke ke arah usia produktif, tidak terkecuali anak dan remaja.

Hal itu dijelaskan Dokter Spesialis Neurologi Rumah Sakit Andi Makkasau, dr. Ikhwan, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga : Direktur RSUD Andi Makkasau: Selamat HUT PPNI ke 50 Tahun

“Penyakit stroke juga saat ini juga menyasar usia muda, salah satunya karena perubahan gaya hidup, pola makan yang tidak terjaga dan kurangnya olahraga. Tercatat 63 persen pasien stroke yang terjadi di bawah usia lansia,” ungkapnya.

dr. Ikhwan juga mengatakan jika stroke masuk 5 besar dengan kesembuhan jangka panjang. Dalam 17 tahun terakhir, kasus ini terus mengalami peningkatan hingga 50 persen.

“Bisa dikatakan dalam 3 detik akan ada pasien baru stroke, itu juga yang menjadikan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor dua setelah serangan jantung,” imbuhnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sehingga, kata dia, masyarakat diminta untuk segera ke rumah sakit jika ada gejala-gejala yang dialami, seperti senyum tidak simetris, kondisi separuh badan sebelah yang lemah, gangguan bicara, keram, rabun, dan sakit kepala yang hebat.

“Gejala ini harus diwaspadai dan harus segera ditangani, penanganan stroke itu setiap menitnya sangat berharga. Diperlukan kewaspadaan, jika didapatkan gejala tersebut maka segera ke rumah sakit,” katanya.

Menurut Ikhwan, dominan pasien stroke yang ditangani adalah laki-laki. Penyebabnya karena lebih bekerja berat yang cepat mengakibatkan stres dan kurang istirahat.

Baca Juga : RSUD Andi Makkasau Parepare, Siapkan Layanan Awal Kesehatan Jiwa Bagi Caleg Gagal

“Tips pencegahannya, obati faktor risiko dengan melakukan check up 6 bulan sekali, enyahkan asap rokok, rajin berolahraga, diet yang seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stres,” tandasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau Parepare #stroke #dr. Ikhwan