Senin, 15 Januari 2024 15:01

Poltekpar Makassar Gelar Rapat Evaluasi Peraturan Pelaksanaan Program Pendidikan

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Poltekpar Makassar Gelar Rapat Evaluasi Peraturan Pelaksanaan Program Pendidikan

peraturan yang ada, harus tinjau kembali apakah sudah sejalan dengan tujuan visi dan misi Poltekpar Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Politeknik Pariwisata (Poltekpar Makassar) menggelar rapat untuk mengevaluasi Peraturan Pelaksanaan Program Pendidikan, Sabtu (13/1/2024) di Hotel Mercure Nexa Pettarani Makassar.

Rapat tersebut mengangkat tema "Konsistensi dan Keselarasan: Mengevaluasi Kesesuaian Isi dalam Buku Peraturan”.

Kegiatan rapat tersebut dibuka langsung oleh Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmat Widjaja, MM.Par., CHE. dan diikuti oleh Para Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Staf Bidang Kemahasiswaan.

Baca Juga : Bekali Siswa Cara Mengelolah Media Sosial, Poltekpar Makassar Bersama Kemenparekraf RI Gelar Birkom Day

Dalam laporan yang disampaikan oleh Hj. Surya Dewi, MM., CHE selaku Ketua Panitia sekaligus Wakil Direktur III Biang Kemahasiswaan bahwa kegiatan ini akan membedah butir-butir yang penting dalam peraturan tersebut untuk diselaraskan perkembangan pengetahuan, industri, teknologi, dan peraturan pemerintah yang diharapkan dapat menghasilkan rumusan untuk mengambil keputusan untuk menjadi panduan baku.

Sementara itu dalam sambutannya Direktur Poltekpar Makassar mengatakan bahwa banyak hal yang perlu dilihat kembali dari peraturan yang ada saat ini untuk dikritisi dan diperbaiki untuk selanjutnya dapat dijadikan panduan pada pelaksanaan program Pendidikan di Poltekpar Makassar pada tahun 2024 ini.

“Kita harus telah mencapai visi dan misi kita pada tahun 2024 ini, oleh karenanya peraturan yang ada saat ini harus kita tinjau kembali apakah sudah sejalan dengan tujuan visi dan misi kita” jelasnya.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Seusai sambutan oleh Direktur Poltekpar Makassar kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber yang dibawakan oleh Dr. Any Ariani Noor, M.Sc yang merupakan Dosen dari Politeknik Negeri Bandung. Dalam paparannya Any mengatakan bahwa dalam penyusunan Peraturan Pelaksanaan Program Pendidikan tentunya harus mengacu pada peraturan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Beberapa aturan terkait yang harus menjadi dasar hukum atau acuan dalam peraturan pelaksanaan program pendidikan yang akan disusun hari ini adalah Permendikbudristek No. 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 74/P/2021 tentang Pengakuan Satuan Kredit Semester Pembelajaran Program Kampus Merdeka, Buku Panduan MBKM Dirjen Dikti Kemendikbudristek 2020” jelasnya.

Berdasarkan rapat evaluasi tersebut menghasilkan rumusan yakni peraturan pelaksanaan program pendidikan terkait kemahasiswaan dan akademik yang sebelumnya diatur dalam satu peraturan yang sama disepakati untuk dibagi menjadi dua peraturan terpisah yang kemudian akan disusun pada rapat selanjutnya.(**)

#rapat evaluasi #Poltekpar Makassar