Selasa, 16 Januari 2024 20:51

Kelanjutan IKN Dapat Meningkatkan Perekonomian Parepare

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kelanjutan IKN Dapat Meningkatkan Perekonomian Parepare

"Dengan hadirnya pusat pemerintahan di IKN, maka membawa sebuah pergerakan perekonomian yang cukup besar dengan melibatkan tentunya wilayah atau daerah sekitarnya," katanya.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah sebuah kebijakan besar yang menjadi harapan begitu banyak masyarakat dan kalangan luas terutama di Sulawesi Selatan dan khusunya Kota Parepare.

"Dengan hadirnya pusat pemerintahan di IKN, maka membawa sebuah pergerakan perekonomian yang cukup besar dengan melibatkan tentunya wilayah atau daerah sekitarnya," katanya, Selasa (16/1/2024).

Pejabat Kemendagri itu menjelaskan, Kota Parepare dengan posisi geografis yang sangat strategis di Utara Sulawesi Selatan dengan dukungan pelabuhan yang sangat memadai, tentu menjadikan Sulsel menjadi pusat bongkar muat kebutuhan akan sandang, pangan dan papan ke IKN.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Kota Parepare akan menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah lain dan pemilik modal untuk menanamkan investasi seperti pergudangan dan peti kemas dalam mendukung aktifitas perdagangan dan perekonomian antar wilayah," kata Akbar Ali.

Akbar Ali melanjutkan, masyarakat Kota Parepare tentunya sangat berharap IKN ini terus berlanjut dan terwujud dengan harapan dilanjutkan dengan kepemimpinan berikutnya.

"Dengan terwujudnya IKN, Kota Parepare akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan bisa mencapat 2 digit dari pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 sebesar 5,93%, serta PDB/PDRB perkapita meningkat berlipat2 dari 56,16 juta pertahun pada tahun 2022," ungkapnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

"Tentunya juga IKN tidak berjalan mulus karena beberapa kritikan dan bahkan wacana menghentikan kebijakan ini, hal ini tentunya akan mencederai kepentingan masyarakat banyak dan tidak menghargai proses yang telah dilalui melalui sistem perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya.

#Pemkot Parepare #Akbar Ali #ibu kota negara