Jumat, 05 Januari 2024 23:56

Telkomsel Regional Sulawesi Catat Lonjakan Trafik Akses Broadband hingga 14,15 persen Selama NARU 2023/2024

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
petugas sedang memeriksa jaringan
petugas sedang memeriksa jaringan

akses media sosial melonjak 10,52 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 21,40 persen, video streaming sekira 59,4 persen, mobile gaming melonjak hingga 72 persen, dan akses browsing tumbuh hingga 12,4 persen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Telkomsel sukses semarakkan semangat Hari Raya Natal dan Tahun Baru (NARU) 2023/2024 melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan serta ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah guna memastikan kelancaran dan kenyamanan konektivitas dan pengalaman digital pelanggan.

Selama periode ini, Telkomsel Regional Sulawesi mencatatkan lonjakan trafik akses broadband hingga 14,15 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa sepanjang 2023 atau melonjak hingga 26,92 persen dibandingkan dengan periode NARU 2022/2023 sebelumnya, dengan total trafik layanan data (payload) pada puncaknya mencapai 6,3 PB.

Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel sejalan dengan komitmennya sebagai connectivity enabler dengan layanan konvergensi terbesar di Indonesia untuk menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan guna merayakan #SemarakSemangat baru di momen NARU 2023/2024.

Baca Juga : Telkomsel Jaga Bumi Peringati Hari Bumi Sedunia dengan Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Sulawesi, Muhammad Idham Kadir mengatakan, “Telkomsel mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2023 kepada umat Nasrani yang merayakan dan selamat Tahun Baru 2024 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Semoga momentum yang penuh kasih dan harapan ini dapat menyatukan bangsa dalam sukacita. Selaras dengan semangat Indonesia, kami hadir dengan mengusung semangat kebersamaan untuk menghubungkan setiap sudut negeri guna menemani masyarakat Indonesia di momen akhir tahun melalui Program Telkomsel Siaga NARU 2023/2024 dalam mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband dengan melakukan optimalisasi jaringan broadband berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital bernilai tambah yang mengedepankan prinsip customer-centricity.”

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital selama periode NARU 2023/2024 tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial melonjak 10,52 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 21,40 persen, video streaming sekira 59,4 persen, mobile gaming melonjak hingga 72 persen, dan akses browsing tumbuh hingga 12,4 persen.

Baca Juga : Trafik Internet Naik 10.08 Persen, Telkomsel Regional Sulawesi Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 16,4 persen), TikTok (naik 74,9 persen), Instagram (naik 14,5 persen), YouTube (naik 23,3 persen), dan Facebook (naik 11,3 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS penurunan sebesar 1,82 persen dan layanan suara mengalami penurunan sekira 1,87 persen.

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2023/2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Toraja Utara (Provinsi Sulawesi Selatan) tumbuh 30,69 persen, Minahasa Selatan (Provinsi Sulawesi Selatan) naik sekira 27,32 persen, Mamasa (Provinsi Sulawesi Barat) tumbuh sekira 25,78 persen, Tana Toraja (Provinsi Sulawesi Selatan) sebesar 25,42 persen, dan Bulukumba (Provinsi Sulawesi Selatan) tumbuh 20,75 persen.

Selain itu, pada periode tersebut, di mana masyarakat banyak melakukan mobilisasi untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan ke sejumlah daerah yang menjadi tujuan mudik dan berlibur di akhir tahun seperti Provinsi Sulawesi Selatan (tumbuh 3,91 persen), Sulawesi Barat (tumbuh 3,87 persen), Sulawesi Utara (tumbuh 3,69 persen), dan Gorontalo (tumbuh 2,71 persen).

Baca Juga : Peduli Korban Bencana Tanah Longsor Tana Toraja, Telkomsel Salurkan Bantuan CSR Logistik serta Layanan Telepon dan Wifi Gratis

Selama momen NARU 2023/2024, Telkomsel Regional Sulawesi telah memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital dan komunikasi melalui berbagai langkah antisipatif yang telah dilakukan terutama di 25 lokasi khusus di Sulawesi dan Maluku Utara. Lokasi khusus tersebut mencakup 22 area spesial (mal, alun-alun, dan pusat keramaian) dan 3 area residensial. Secara keseluruhan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan dengan meningkatkan kapasitas 3 unit BTS 4G/LTE, penambahan 15 unit BTS 4G/LTE baru, penambahan 4 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 2 iMacro, sehingga menggenapi lebih dari 33.836 BTS yang tersebar di seluruh Sulawesi dan Maluku Utara dengan jangkauan hingga 91,84 persen wilayah populasi. Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 1440 Gbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 1400 Gbps, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

“Dalam momen Hari Raya Natal 2023 dan pergantian tahun 2024, semoga kontribusi Telkomsel dengan menghadirkan konektivitas yang andal hingga pelosok negeri dapat membangkitkan optimisme masyarakat menyambut berbagai peluang baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat Indonesia melalui berbagai terobosan yang didukung oleh konektivitas digital berteknologi terdepan untuk menghadirkan ragam produk dan layanan solutif bernilai tambah bagi seluruh masyarakat serta berbagai potensi kemajuan bangsa,” tutup Idham.

#Telkomsel #NARU #Lonjakan