Senin, 25 Desember 2023 12:38

Antisipasi Terjadinya Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit, Kodim 1406/Wajo Gelar Karya Bakti

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Antisipasi Terjadinya Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit, Kodim 1406/Wajo Gelar Karya Bakti

Dalam sambutannya, Danramil Kapten Inf Muh. Tang menyampaikan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan aman.

RAKYATKU.COM, WAJO -- Dalam upaya menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, Kodim 1406/Wajo melalui Koramil 1406-01/Tempe melakukan kegiatan Karya Bhakti TNI. Kegiatan ini dipimpin oleh Danramil Kapten Inf Muh. Tang, bertempat di Kurahan Pattirosompe Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo.

Kegiatan ini dilaksanakan guna membersihkan saluran air sebagai langkah antisipasi terhadap potensi banjir dan penyebaran penyakit yang mungkin diakibatkan oleh nyamuk.

Kegiatan berlangsung pada Senin, 25 Desember 2023, dan melibatkan berbagai pihak yang turut serta dalam upaya pencegahan ini. Babinsa Koramil 1406-01/Tempe sebanyak 12 orang, Anggota Polsek Tempe sebanyak 4 orang, A. Bau Salman (Kepala Kelurahan Pattirosompe) beserta anggota 4 orang, Dinas Lingkungan Hidup dengan 10 orang anggota, serta Satpol PP sebanyak 6 orang, ikut aktif dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : DBR Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Wajo ke PKB

Dalam sambutannya, Danramil Kapten Inf Muh. Tang menyampaikan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan aman.

"Kegiatan ini tidak hanya sebagai upaya pencegahan banjir, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk mencegah penyebaran penyakit yang dapat ditularkan melalui nyamuk. Kolaborasi antarinstansi ini menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan," ujar Danramil.

Pembersihan saluran air melibatkan upaya manual dan menggunakan peralatan khusus guna memastikan saluran air bersih dari berbagai tumpukan sampah yang dapat menghambat aliran air. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup pemangkasan vegetasi yang dapat menjadi penyebab tersumbatnya saluran.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Babinsa Koramil 1406-01/Tempe, Anggota Polsek Tempe, dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup aktif berkoordinasi untuk memastikan seluruh area tercover dengan baik.

A. Bau Salman selaku Kepala Kelurahan Pattirosompe menyambut baik kolaborasi lintas sektor ini, "Kerjasama ini adalah bentuk nyata dari kepedulian kita bersama terhadap lingkungan tempat kita tinggal. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat."

Kegiatan Karya Bhakti TNI ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk aktif terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kodim 1406/Wajo berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya preventif guna menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kabupaten Wajo.

#pemkab wajo #Kodim 1406/Wajo