Kamis, 21 Desember 2023 18:30

Duta Besar Prancis Fabien Penone Kunjungi Poltekpar Makassar

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Duta Besar Prancis Fabien Penone Kunjungi Poltekpar Makassar

Tujuan kedatangannya memperkenalkan gastronomi dan nilai-nilai budaya prancis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN Fabien Penone mengunjungi Kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Rabu (20/12/2023).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Direktur Poltekpar Makassar Bapak Herry Rachmat Widjaja beserta jajaran di Lt. 3 Gedung Rektorat Poltekpar Makassar.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan presentasi pengenalan Profil Kampus Poltekpar Makassar oleh Direktur dan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan oleh Duta Besar Prancis.

Baca Juga : Bekali Siswa Cara Mengelolah Media Sosial, Poltekpar Makassar Bersama Kemenparekraf RI Gelar Birkom Day

Dalam sambutannya Direktur Poltekpar Makassar mengatakan bahwa dirinya sangat merasa senang dan terhormat atas kunjungan yang dilakukan oleh Dubes Prancis dan rombongan.

"Suatu kehormatan bagi kami atas kunjungan Duta Besar Prancis ke Kampus Poltekpar Makassar. Kunjungan ini menjadi peluang bagi kami untuk melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga yang berasal dari Prancis guna mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi kami" ujarnya.

Sementara itu Duta Besar Prancis mengatakan bahwa banyak sekali program yang dapat dikolaborasikan oleh Kedutaan Besar Prancis dengan Poltekpar Makassar. Salah satu diantaranya adalah terkait peluang megirimkan mahasiswa Poltekpar Makassar untuk melaksanakan short course di Prancis.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

"Kami mengupayakan sebelum menandatangi MoU kerjasama, kami akan memastikan terlebih dahulu bahwa kesepakatan tersebut adalah hal yang dapat diimplementasi atau direalisasikan" ujar Fabien.

Dubes Prancis juga turut memperkenalkan kegiatan "Pekan Gastronomi Prancis" yang diselenggarakan oleh Kedutaan Prancis, Institut Prancis, dan Business France dengan tujuan mempromosikan kekayaan dan keragaman gastronomi Prancis beserta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya seperi kermahtamahan, kenikmatan dan lain sebagainya.

Selain berdiskusi dengan manajemen Poltekpar Makassar, Duta Besar Prancis juga menyempatkan untuk menyapa dan berbincang dengan beberapa orang mahasiswa Poltekpar Makassar menggunakan Bahasa Prancis.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Kepala Bagian Adminsitrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Umum Muhammad Arfin Salim mengatakan Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa asing pilihan yang diajarkan di Poltekpar Makassar.

"Bahasa Prancis sendiri telah lama diajarkan kepada mahasiswa kami dan inilah yang menjadi nilai tambah bagi mahasiswa kami karena memiliki kemapuan berbahasa asing selain Bahasa Inggris. Selain itu masakan Prancis juga merupakan salah satu jenis masakan yang diajarkan kepada mahasiswa kami yang adai Program Studi Seni Kuliner" pungkasnya.

Seusai melakukan diskusi, Dubes Prancis beserta rombongan diajak mengunjungi fasilitas Dapur Praktek yang ada di Kampus Poltekpar Makassar. Pada kesempatan tersebut dia melihat proses pembuatan roti yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Seni Kuliner dan diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh mahasiswa.

#Duta Besar Prancis #Poltekpar Makassar