Senin, 18 Desember 2023 19:50

Akhir Semester Ganjil 2023, SD Islam Athirah 2 Laksanakan Pekan Simaan Al-Qur'an

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Akhir Semester Ganjil 2023, SD Islam Athirah 2 Laksanakan Pekan Simaan Al-Qur'an

Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga Mas Aman Upi, dalam sambutannya mengatakan, anak-anak kita diberi potensi untuk menghafal, mari kita sebagai orang tua memberikan support.

RAKYATKU.COM -- SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga mengadakan kegiatan Pekan Simaan Al-Qur'an, Senin, (18/12/23). Diikuti oleh 42 orang peserta dari siswa/wi SD Islam Athirah 2 Bukit dan berlangsung selama 3 hari di LEC Athirah Bukit Baruga.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Kepala Seksi Qurani Generation Development Program (QGDP), Kepala Boarding Bukit Baruga, Badan Musyawarah Jami'ah (BMJ), pimpinan, guru, karyawan, siswa/wi, dan para orang tua siswa peserta Simaan Al-Qur'an.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ustadz Nursalam Tacong, dan dilanjutkan dengan laporan Koordinator Al-Qur'an SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga oleh Ustadz Muhammad Dien.

Baca Juga : Manfaatkan Momentum Ramadan, KALLA Land & Property Berbagi Kebahagiaan Bersama 1.000 Anak Panti

“Tujuan diadakannya Simaan Al-Qur'an ini sebagai laporan langsung kepada orang tua siswa hasil proses belajar anaknya selama satu semester. Selain itu, apresiasi kepada peserta didik dan melatih kepercayaan diri siswa membacakan hafalannya di panggung, juga sebagai evaluasi untuk perbaikan,” jelas Ustadz Dien.

Sementara itu, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga Mas Aman Upi, dalam sambutannya mengatakan, anak-anak kita diberi potensi untuk menghafal, mari kita sebagai orang tua memberikan support.

“Dengan adanya kerja sama, saya yakin anak- anak kita akan bisa mencapai target hafalannya karena banyak faktor yang mempengaruhi hafalan. Kita juga harus ada manajemen waktu yang disepakati dengan anak kita terkait penggunaan mobile phone. Diperlukan juga komitmen dan konsisten mendampingi anak murojaah di rumah, minimal menyimak hafalannya. Doakan anak-anak kita mampu lancar tampil dalam kegiatan ini," ucap Mas Aman.

Baca Juga : Wujudkan Hunian yang Tenang bak Bunga Lavender, Claster Serenity Garden Siap Dibangun

“Diperlukan juga komitmen dan konsisten mendampingi anak murojaah di rumah, minimal menyimak hafalannya. Doakan anak-anak kita mampu lancar tampil dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Simaan Al-Qur'an merupakan program kegiatan kelas tahfizh yang diimplementasikan pada seluruh unit Sekolah Islam Athirah. Program ini menjadi salah satu penilaian kompetensi siswa/wi.

Dimana penilaiannya dilihat dari kelancaran, fashohah, dan tartil, dari setiap peserta Simaan Al-Qur'an. Program Simaan Al-Qur'an dibedakan menjadi 2 jenis, yakni simaan per juz dan simaan per level. Simaan per juz dilaksanakan setiap pekan sedangkan Simaan per level atau Simaan Akbar dilaksanakan setiap akhir semester ganjil.

Baca Juga : Pelanggan yang Mengunjungi Stand Pameran Bukit Baruga Berkesempatan Mendapatkan Voucher Paket Wisata

Konsep dasar Sekolah Islam Athirah menanamkan konsep dasar keislaman yang cukup kuat. Pada proses pembelajaran, Sekolah Islam Athirah berupaya membentuk keseimbangan kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual. Dimana mengedepankan layanan belajar yang berkualitas sehingga harapan kedepannya adalah output yang punya kapasitas akademik serta pemahaman keagamaan yang kuat.

 

#SD Islam Athirah Makassar #bukit baruga