Jumat, 08 Desember 2023 22:01

Program WMK 2023 di Unismuh Resmi Ditutup, Hasilkan 110 Jenis Usaha Baru

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor Unismuh Ambo Asse saat memberi sambutan
Rektor Unismuh Ambo Asse saat memberi sambutan

Pengembangan Ekosistem Wirausaha Merdeka Berbasis Green Entrepreneur dan Halal Product Dengan Penguatan Potensi Lokal Indonesia Timur

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse menutup secara resmi Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2023 di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Acara yang berlangsung pada Jumat, 8 Desember 2023, ini menandai kesuksesan program yang bertema “Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Wirausaha Merdeka Berbasis Green Entrepreneur dan Halal Product Dengan Penguatan Potensi Lokal Indonesia Timur”.

Prof Ambo Asse, dalam sambutannya, menekankan pentingnya komitmen mahasiswa dalam berwirausaha sambil menyelesaikan studi tepat waktu.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

“Yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah komitmen untuk melanjutkan berwirausaha, karena dengan adanya komitmen kita bisa menyusun sebuah rencana usaha yang akan kita kembangkan,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan apresiasinya kepada tim pelaksana mulai dari ketua dan seluruh anggotanya yang memperlihatkan aktivitas dan keseriusan dalam melaksanakan program wirausaha merdeka.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri yang juga Ketua tim Program WMK Unismuh mengucapkan kesyukurannya atas kesuksesan kegiatan tersebut.

Baca Juga : Kantongi Sertifikat Unggul Unismuh Makassar Bangun Gedung 12 Lantai. Wakil Rektor II: Ada Rooftop tempat Lounge

“Terdapat 110 jenis usaha yang terbentuk melalui program wirausaha merdeka tahun 2023. Saya kira target yang diharapkan juga telah terlaksana dengan baik sehingga kita berharap semoga tahun tahun berikutnya kegiatan ini tetap bisa dikembangkan,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan terima kasihnya kepada panitia yang terlibat pada kegiatan ini karena telah menyukseskan amanah dari pemerintah.

Ari Herlina Kurniati, Dosen Pembimbing Lapangan dari Politeknik Indonesia, berbagi kesan positif tentang program ini. Menurutnya, program ini telah memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan mindset kewirausahaan dan menerapkan konsep usaha secara praktis.

Baca Juga : Agenda Sekum PP Muhammadiyah di Makassar, Hadiri Syawalan dan Canangkan Pembangunan Gedung Serbaguna Kompleks Unismuh Health Center

Lebih jauh, ia menyatakan harapan agar usaha-usaha yang diciptakan dalam program ini dapat terus berkembang dan Unismuh Makassar dapat kembali menjadi pelaksana di tahun 2024, dengan lebih banyak kampus terlibat. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim penyelenggara yang telah bekerja keras untuk kesuksesan program ini.

“Semoga usaha-usaha yang tercetus dari program ini bisa terus berkembang, dan menjadikan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang hebat di bidang wirausaha,” tutur Ari Herlina Kurniati.

Sejumlah peserta program Wirausaha Merdeka menyatakan harapan mereka agar kegiatan ini dapat dilanjutkan di masa mendatang. Mereka mengakui bahwa program ini telah memberikan mereka wawasan dan keterampilan berharga dalam berwirausaha.

Baca Juga : Gelar Lebaran Hari Rabu, Unismuh Tetap Fasilitasi Pemantauan Hilal Kemenag Selasa Besok

Program Wirausaha Merdeka di Unismuh Makassar dinilai sebagai platform yang efektif dalam membantu mahasiswa mengembangkan usaha mereka. Dengan adanya dukungan yang kuat dari universitas dan para pembimbing, program ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi lahirnya lebih banyak wirausahawan muda yang kompeten dan inovatif.

#rektor unismuh #Unismuh Makassar #Wirausaha Mandiri