Minggu, 03 Desember 2023 01:15

Kapal Tenggelam di Perairan Pengkep, Lima Penumpang Tewas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim sar. (Istimewa)
Tim sar. (Istimewa)

operasi Sar dinyatakan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat kembali ke instansi masing-masing

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Kapal Motor Reski mengangkut 17 penumpang tenggelam di perairan Pangkep, Pulau Balang Caddi sekitar 6,5 nm dari Pelabuhan Sabang pada Sabtu (2/12/2023). Kecelakaan tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia 5 orang.

"Korban meninggal 5 orang, yang sebelumnya belum di temukan sudah kita evakuasi dan dalam kondisi sudah meninggal dunia," kata Sekertaris BPBD Kabupaten Pangkep, M. Arsyad yang turun langsung melakukan evakuasi.

Arsyad menyebut kapal penumpang tersebut belum sempat di evakuasi dari lokasi tenggelam karena kondisi sudah gelap.

Baca Juga : Tangis Irwan Pecah, Istri dan 2 Anaknya Korban Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel menyebut pada pukul 19.45 kembali ditemukan 3 korban terhimpit perahu dalam keadaan meninggal dunia. Ketiga korban ini bernama Hj. Sofia (45th), Siti Nadira (36th) dan balita anak dari ibu Mariana (5th).

Dua korban meninggal dunia yang lebih duluan ditemukan pada pukul 17.55 atas nama Asmira (35th) dan Mariana (30th).

Dikatakan, pihaknya langsung mengerahkan 6 Rescuer dari Basarnas Makassar dan 6 ABK menggunakan Kapal cepat menuju lokasi kejadian saat menerima kabar insiden Kapal Motor Reski.

Baca Juga : Kapal Penumpang Tenggelam di Perairan Pangkep, Tiga Orang Belum Ditemukan

Kecelakaan kapal ini bermula ketika kapal penumpang Pulau Pajenekang KM Reski bergerak dari Pulau Pajenekang menuju Pangkep dengan membawa penumpang 15 orang, 4 orang perempuan dan 7 laki-laki. Kapal tersebut bergerak pukul 13.25 Wita dikemudikan oleh Latif (40).

“Saat kapal melewati pulau Balang Caddi tiba-tiba hujan datang disertai angin kencang dan ombak besar. KM Reski oleng ke kiri sehingga tidak bisa mengendalikan kemudinya,” kata Mexianus Bekabel.

Penumpang kapal jatuh ke laut dan kapal KM Reski tenggelam ke dasar laut. Kapal papalimbang Pulau Balang Lompo Pulau Balang Caddi yang melihat kejadian tersebut menolong korban.

Baca Juga : Anggota Polsek Pasimarannu dan Babinsa Koramil Bonerate Lakukan Pencarian Korban KLM Kasman Indah 06

Dengan ditemukannya seluruh korban, maka operasi Sar dinyatakan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat kembali ke instansi masing-masing.

Penulis : Tajuddin Mustaming
#kapal tenggelam