Selasa, 21 November 2023 16:15

Pemkot Parepare Gelar Bimtek Ekonomi Kreatif

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Parepare Gelar Bimtek Ekonomi Kreatif

"Packaging sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pj Wali Kota Parepare membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekonomi Kreatif Kulinary Fotografi dan Design Packagin.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata digelar di Hotel Pare Beach, Kota Parepare, Selasa, (21/11/2023).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare, Iskandar Nusu mengatakan gelaran Bimtek tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu dr. Nur Rahma Adiani yang merupakan Food Fotografi dan Muhammad Rafli yang merupakan Konten Kreator/Design Grafik.

Baca Juga : Pangkas Pemasaran Produk Pertanian, Pemkot Parepare Launching Pasar Tani

Iskandar menjelaskan bahwa pariwisata merupakan salah satu jenis industri yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan pekerjaan. Bimtek kreatif tersebut, kata dia, sebagai upaya sinergitas pemerintah daerah dengan komunitas kreatif yang menawarkan kesempatan pengembangan potensi bagi para pelaku industri pariwisata di Kota Parepare.

"Tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kepariwisataan dan terwujudnya kualitas para pelaku usaha yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” ucap Iskandar Nusu.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengapresiasi kegiatan tersebut karena merupakan wadah untuk menambah dan meningkatkan keahlian atau keterampilan, oleh karena peserta akan diberikan berbagai pengetahuan terkait dengan Photography dan Design Packaging Product, yang saat ini sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Pemkot Parepare Launching Bantuan Langsung Berkelanjutan

"Kota Parepare sering dikunjungi dari berbagai daerah, dan menjadi kota tujuan wisata, sehingga diperlukan photography yang profesional yang mengabadikan setiap sudut kota sesuai pesanan pengunjung, demikian pula produk khas Kota Parepare perlu dikemas dengan baik dan menarik serta menantang. Hal ini akan menunjang perekonomian Masyarakat Kota Parepare,” ungkap Akbar Ali.

Akbar mengatakan bahwa banyak orang hanya menganggap bahwa fotografi hanya bisa dijadikan sebatas hobi. Padahal, sebenarnya hal tersebut juga dapat menjadi sumber mata pencaharian.

"Sebuah packaging produk juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain packaging agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihatnya,” paparnya.

Baca Juga : Dinas Pendidikan Parepare Janjikan Pembayaran Insentif Guru Nonsertifikasi dalam Minggu Ini

"Packaging sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut. Kualitas sebuah produk dan cara pemasaran merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan, namun packaging produk mendukung guna mempengaruhi penjualan produk. Dengan demikian Packaging suatu produk sebagai bagian dari strategi pemasaran,” tandasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #PJ Wali Kota Parepare