Kamis, 16 November 2023 16:24

Pj Wali Kota Parepare Hadiri Simulasi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Wali Kota Parepare Hadiri Simulasi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

"Kita belajar dari kejadian penyebaran Covid 19 yang begitu cepat dengan resiko kematian yang tinggi, menunjukkan betapa masih banyak aspek pertahanan kesehatan yang perlu diperbaiki,"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali menghadiri Simulasi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yang dilaksanakan di Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare, Kamis (16/11/2023).

Dalam sambutannya kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri di Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BKSDN) menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan simulasi ini yang dipusatkan di Kota Parepare

Pelaksanaan Simulasi penanggulangan kasus influenza A (HxNY) ini sambungnya, merupakan upaya preventif untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian luar biasa yang bisa terjadi penyebarannya yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Olehnya itu saya menyambut hangat dan memberikan apresiasi atas dilakukannya simulasi, dan berharap simulasi ini tidak hanya sekedar menciptakan kemeriahan sesaat. Tetapi lebih mengentalkan komitmen kita untuk mengambil peran, dalam upaya mencegah dan kesiapsiagaan menghadapi penyebaran influenza HxNY," kata lulusan IPDN ini.

Akbar Ali mengatakan hal terpenting dalam pelaksanaan simulasi ini menguji kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat dan juga merespon serta bertindak cepat untuk memutus mata rantai penularan penyakit influenza tersebut.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa kota Parepare merupakan kota pelabuhan, sehingga berpotensi terjadinya penularan penyakit berbahaya seperti influenza A HxNY. Dengan banyaknya orang yang masuk dari berbagai daerah kota Parepare maka memiliki konsekuensi besar terhadap terjadinya berbagai kejadian luar biasa wabah dan epidermis penyakit," paparnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Akbar Ali berharap Kantor Kesehatan Pelabuhan dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan seperti meningkatkan pengawasan terhadap penumpang yang menderita gejala influenza.

Dalam mengantisipasi ini, maka diperlukan langkah-langkah antisipasi seperti simulasi yang dilakukan hari ini, guna mencegah terjadinya penyebaran penyakit berbahaya seperti Influenza.

"Kita belajar dari kejadian penyebaran Covid 19 yang begitu cepat dengan resiko kematian yang tinggi, menunjukkan betapa masih banyak aspek pertahanan kesehatan yang perlu diperbaiki," harapnya.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Sementara Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Agus Jamaludin mengatakan simulasi ini bertujuan, terwujudnya kesiapsiagaan petugas di pintu masuk dan wilayah, baik lintas sektor maupun lintas program, terkait bila terjadi kedaruratan Kesehatan Masyarakat atau publick health emergency of International concern di pelabuhan Parepare

"Terlaksananya koordinasi, komunikasi dan kolaborasi di pintu masuk dan wilayah baik lintas sektor maupun lintas program bila terjadi kedaruratan kesehatan masyarakat di Pelabuhan Parepare," tandasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #PJ Wali Kota Parepare