Selasa, 14 November 2023 17:34

Danny Pomanto Jembatani PLN dan Masyarakat Terkait Pemadaman Bergilir

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Danny Pomanto Jembatani PLN dan Masyarakat Terkait Pemadaman Bergilir

"Alangkah kagetnya saya ternyata dalam kondisi tertentu kita minus listrik bahkan pas-pasan"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemadaman listrik bergilir di Kota Makassar masih dikeluhkan masyarakat. Olehnya itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto berupaya hadir menjembatani masyarakat dan PT PLN (Persero).

Ia hadir memenuhi undangan kunjungan lokasi ke Control Center PLN Sistem Makassar, Senin (13/11/2023).

Kepada GM PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin bersama jajarannya, Danny Pomanto menyampaikan keluhan masyarakat soal pemadaman listrik yang ia terima selama ini. Itu dikarenakan pemerintah kota terbuka akan keluhan masyarakat.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

Katanya, ada banyak keluhan yang diterima. Mulai dari pelaku usaha yang merugi akibat alat elektronik rusak hingga kebijakan PLN memutus listrik masyarakat jika pembayaran terlambat tanpa toleransi.

"Sehingga perasaan yang sama juga masyarakat Kota Maksssar tidak mau tahu alasan kenapa listrik tidak ada. Nah inilah hal-hal psikologi yang sudah menjadi gap antara PLN dengan masyarakat. Pemerintah kota berpotensi menjembatani di situ terutama bagaimana PLN bisa lebih dekat dengan masyarakat agar mereka paham," kata Danny Pomanto.

Di sisi lain mewakili pemerintah kota, ia mengaku kaget dengan kondisi PLN saat ini. Pasalnya PLN Sulselrabar pernah dinobatkan surplus 400 MW sehingga capaian itu seringkali ia sampaikan di forum internasional.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Lantik dan Ambil Sumpah 624 ASN PPPK

"Alangkah kagetnya saya ternyata dalam kondisi tertentu kita minus listrik bahkan pas-pasan. Nah posisi seperti inikan kami cukup hopeless karena kami tidak punya otoritas sama sekali soal itu," ujarnya.

Sehingga menurutnya perlu ada manajemen proteksi terhadap kota-kota seperti Makassar. Apalagi Kota Makassar mempunyai kontribusi 40 persen terhadap ekonomi Sulawesi Selatan.

Struktur APBD Pemkot Makassar, menurutnya sangat sehat karena pendapatan dan belanja hampir seimbang.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Makassar adalah kota dengan kemandirian ekonomi yang cukup kuat. Terbukti ekonomi Makassar mampu reborn dari -1,27 persen 2022 lalu, kemudian naik menjadi 5,40 persen di tahun 2022.

"Cerita pertumbuhan ekonomi tentunya cerita tentang daya listrik dan lain-lain. Kami pemerintah kota sudah melakukan efisiensi soal kelistrikan," bebernya.

#pemkot makassar #danny pomanto