Rabu, 08 November 2023 10:17

DPRD Wajo Tenerima Ratusan Warga Desa Parigi, Terkait Dugaan Kecurangan Pemilihan Kepala Desa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
DPRD Wajo Tenerima Ratusan Warga Desa Parigi, Terkait Dugaan Kecurangan Pemilihan Kepala Desa

“Tetapi tergantung aturan yang ada, kami hanya memfasilitasi terkait penerimaan aspirasi itu,”

RAKYATKU.COM, WAJO - Ratusan warga Desa Parigi, Kecamatan Takkalalla, menggelar aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Wajo, Selasa (7/11/2023).

Sebelum ke Kantor DPRD Wajo, massa mendatangi Kantor PMD Wajo dan Kantor Bupati Wajo.

 

Di Kantor tersebut, massa sempat berorasi. Bahkan mereka berteriak agar Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas PMD Kabupaten Wajo dicopot dari jabatannya.

Baca Juga : Inisiatif Meteran Listrik Gratis di Wajo, DPRD Wajo Gandeng PLN Sulselrabar Terangi Rumah Warga Kurang Mampu

Dalam aksinya warga mempersoalkan adanya dugaan kecurangan dalam pemilihan Kepala Desa Serentak Desa Parigi, Kecamatan Takkalalla.

Ketua LMRRI, Kabupaten Wajo, Ardi mempertanyakan kinerja Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) yang meloloskan orang yang bukan warga Desa Parigi untuk mencoblos.

Ketua Tim Penerima Aspirasi DPRD Kabupaten Wajo H. Sudirman Meru mengatakan akan menindaklanjuti kisruh pemilihan kepala Desa Parigi ke komisi terkait.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus IKA SMA Negeri 4 Wajo, Ini Pesan Amran Mahmud

Hal ini disampaikan usai menerima penyampaian aspirasi terkait adanya dugaan pemilih dari luar desa Parigi yang datang mencoblos dalam perhelatan Pilkades Parigi beberapa waktu lalu.

“Penerimaan aspirasi dalam rangka menindaklanjuti apa yang ada yang dipermasalahkan dari pada hasil pemilihan kepala desa di Desa Parigi di mana disitu dianggap sesuatu yang terjadi di luar dari pada aturan yang ada, yang mengganggap ada pemilih yang datang dari luar Desa Parigi yang memberikan pilihan,” kata Sudirman Meru.

Menurut Sudirman Meru, kalau berdasarkan informasi tadi ada sekitar 17 orang kemudian selisih yang terjadi di situ adalah sebanyak 326 suara yang pemenang, sedangkan yang tadi yang menyampaikan aspirasi Pak Ambo Amin 323 suara.

Baca Juga : Samakan Persepsi Produk Hukum, Kanwil Kemenkumham Sulsel Kunjungi DPRD Wajo

“Disitu tadi tercatat ada tiga calon, dan semuanya dua calon tadi datang di Gedung DPRD Wajo untuk memberikan aspirasi,” tandasnya.

Jadi bagaimana tindak lanjut DPRD menyikapi hal ini? Menurut Sudirman Meru, pihaknya hanya selaku media untuk meneruskan ke komisi terkait guna menindaklanjuti proses yang dipermasalahkan itu.

“Karena yang ditekan kan disitu, yaitu proses pendataan DPT yang telah didasari untuk melakukan pemilihan,” ucapnya.

Baca Juga : Komisi III DPRD Wajo Kawal Aspirasi Masyarakat, Jembatan Talotenreng Rampung Tahun Ini

Dan salah satu point aspirasi tersebut, sebelum selesai permasalahan dugaan ada pemilih dari daerah lain, diminta kepada Pihak PMD untuk menunda pelantikan kepala Desa Parigi.

“Tetapi tergantung aturan yang ada, kami hanya memfasilitasi terkait penerimaan aspirasi itu,” pungkasnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#DPRD Wajo #Amran Mahmud