Minggu, 05 November 2023 23:23

Terima Kunjungan Pj. Ketua TP-PKK Sulsel, Indah Komitmen Kawal 10 Program Pokok PKK

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Terima Kunjungan Pj. Ketua TP-PKK Sulsel, Indah Komitmen Kawal 10 Program Pokok PKK

"Kami berkomitmen baik 10 program PKK maupun program pemerintah lainnya akan kita kawal bersama-sama," ucap Indah.

RAKYATKU.COM -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani terus berkomitmen mengawal 10 Program Pokok PKK.

Hal itu ditegaskan Indah saat menyampaikan sambutan pada Kunjungan Kerja Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Sofha Marwah, Minggu (05/11/2023) di Rumah Jabatan Bupati Luwu Utara.

"Kami berkomitmen baik 10 program PKK maupun program pemerintah lainnya akan kita kawal bersama-sama," ucap Indah.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

TP-PKK sebagai mitra pemerintah, lanjut Indah, sangat strategis dalam mewujudkan pelaksanaan pembangunan baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Oleh karena itu kolaborasi program PKK dengan perangkat daerah terkait sebagai upaya dalam percepatan pelaksanaan pembangunan menuju keluarga berkualitas.

"Pada beberapa kesempatan saya juga menegaskan agar melakukan reaktivasi dasawisma yang ada di desa. Sebab kehadiran PKK hingga tingkat desa sangat membantu terutama dalam pencapaian target pemerintah, tidak hanya penurunan stunting, tapi juga kemiskinan ekstrem," terang bupati yang juga Pembina TP-PKK Kabupaten Luwu Utara ini.

Untuk itu, Ia berharap 10 program pokok PKK mulai tingkat kabupaten, kecamatan, sampai di tingkat desa/ kelurahan untuk diselaraskan, disinkronkan dengan program perangkat daerah terkait sesuai tugas fungsinya mulai penguatan kelembagaan membangun kerjasama dalam bentuk MoU dengan pelbagai pihak.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Sementara itu, PJ. Ketua TP-PKK Sulawesi Selatan Sofha Marwah berharap wadah PKK menjadi ruang belajar dan ruang berkarya bagi setiap anggota dan kader secara dinamis dan berkelanjutan, sehingga pengelolaan pergerakan lebih berdampak dan secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

"PKK sudah saatnya menjadi basis pergerakan pemberdayaan perempuan dengan menguatkan peran keluarga sebagai ruang pertama interaksi sosial, di mana peran seorang ibu menjadi tokoh sentral dengan peran terbesar di dalamya," kata Sofha.

"Untuk itu, revitalisasi fungsi dan peran PKK perlu terus dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan melalui manajemen dan sumber daya manusia yang berkompeten," sambungnya.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Kehadiran PJ. Ketua TP-PKK Provinsi Sulsel tersebut, sekaligus untuk membangun komitmen bersama dalam mensinergikan program pemerintah dengan 10 program pokok PKK sesuai rencana induk dan rencana strategi Gerakan PKK hasil Rakernas IX tahun 2021, dan tentunya turut andil dalam merealisasikan program prioritas PJ. Gubernur Sulawesi Selatan, meliputi, Pencegahan Perkawinan Anak, Penanganan Stunting dan Gizi Buruk, Pengentasan Kemiskinan Ekstrim, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan.

"Saya yakin dengan sinergi dan kolaborasi, kita bisa melaksanakan tugas dengan baik," pinta Sofha.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani