Kamis, 26 Oktober 2023 20:11

Anggota KPU Pangkajene Kepulauan Akan Diperiksa Besok

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anggota KPU Pangkajene Kepulauan Akan Diperiksa Besok

“DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,”

RAKYATKU.COM − Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) Perkara Nomor 125-PKE-DKPP/X/2023.

Sidang akan dilaksanakan di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makasar pada Jumat (27/10/2023) pukul 09.00 WITA.

Sekretaris DKPP David Yama mengatakan mengatakan perkara ini diadukan oleh Muh. Ridwan terhadap Anggota KPU Kabupaten Pangkajene Kepulauan Hasanuddin G Kuna.

Baca Juga : Pengamat: Ubah Format Debat, KPU Dicurigai Lindungi Calon Tertentu

Teradu diduga melakukan seruan dukungan pada peringatan hari ulang tahun (HUT) pertama Partai Gelora dan Teradu diduga sebagai pengurus wilayah Partai Gelora Provinsi Sulawesi Selatan.

Sesuai ketentuan Pasal 31 ayat (1) dan (2) Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DKPP Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, sidang akan dipimpin oleh Anggota DKPP dan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Sulawesi Selatan.

David mengatakan agenda sidang ini adalah mendengarkan keterangan Pengadu dan Teradu serta Saksi-saksi atau Pihak Terkait yang dihadirkan.

Baca Juga : KPU dan Bawaslu Dituntut Profesional Jaga Pemilu dari Kecurangan

DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” kata David.

Ia menambahkan, sidang kode etik ini bersifat terbuka untuk umum. David juga mengungkapkan bahwa DKPP akan menyiarkan sidang ini melalui akun Facebook DKPP, @medsosdkpp.

“Sehingga masyarakat dan media massa dapat menyaksikan langsung jalannya sidang pemeriksaan ini,” jelasnya.

#DKPP #kpu