Minggu, 08 Oktober 2023 14:20

Pj Ketua TP PKK Sulsel Puji Program PKK Gowa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Ketua TP PKK Sulsel Puji Program PKK Gowa

Shofa Marwah Bahtiar beserta jajaran melakukan silaturahmi sekaligus monitoring kegiatan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Gowa.

GOWA --- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Shofa Marwah Bahtiar beserta jajaran melakukan silaturahmi sekaligus monitoring kegiatan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Gowa.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf di Pattiroang Cafe and Resto Kelurahan Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Sabtu (7/10).

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Shofa Marwah Bahtiar menilai kegiatan-kegiatan PKK di Kabupaten Gowa ini sudah sangat luar biasa dan dirinya yakin bahwa kedepannya PKK Kabupaten Gowa bisa terus berjaya dan lebih bersemangat lagi untuk melakukan program PKK selanjutnya.

Baca Juga : 50 Warga Romang Polong Dapat Sertipikat Tanah Gratis

"Saya selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan hadir disini untuk silaturahmi sekaligus memonitoring kegiatan yang ada di Kabupaten Gowa dan saya sudah melihat langsung tadi tayangannya maupun yang sudah diceritakan oleh ibu Priska bahwa memang kegiatan-kegiatan PKK di Kabupaten Gowa ini sudah sangat luar biasa dan saya yakin kedepannya PKK Kabupaten Gowa bisa terus berjaya dan lebih bersemangat lagi untuk melakukan program PKK selanjutnya," katanya.

Melalui program tersebut kata Shofa, pihaknya turut andil dalam program-program Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yaitu meliputi program adanya penurunan pencegahan dan perkawinan anak di bawah umur.

"Kita tahu bahwa Sulawesi Selatan masih sangat besar untuk perkawinan anak di bawah umur, ini mungkin karena dari adat atau budaya kita kemudian memang banyak hal yang bisa membuat perkawinan anak di bawah umur ini terjadi. Bisa dari pergaulan bebas, atau memang kurang sosialisasi terhadap perkawinan anak di bawah umur ini," ungkap istri Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

Baca Juga : Prevelensi Stunting Gowa Turun 11,9 Persen

Lanjutnya, dalam program Pj Gubernur juga ada penanganan stunting dan gizi buruk melalui hadirnya rumah gizi dan sekarang ini memang angka stunting dan gizi buruk di Provinsi Sulawesi Selatan masih sangat besar dimana masih pada angka 27%, itu menjadi PR Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan untuk bisa menurunkan angka stunting di hingga 14% sesuai target nasional.

"Saya lihat tadi di layar televisi banyak sekali program-program yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Gowa termasuk penanganan stunting dan gizi buruk, ini tentunya sudah bagus," ujarnya.

Pada kunjungannya yang pertama kali ke Kabupaten Gowa ini, Shofa Marwah meminta data tentang perkawinan anak, data kemiskinan, jumlah rumah Dilan dan binaan UMKM yang ada di kabupaten Gowa, jumlah rumah gizi dan proses tim percepatan penurunan stunting, juga capaian tablet tambah darah bagi remaja putri di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Hari Otoda Ke-28 Tahun, Pemkab Gowa Siap Sukseskan Program Nasional

Menanggapi hal itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menjelaskan, data jumlah perkawinan anak di Kabupaten Gowa mulai dari Januari hingga Juli 2023 sebanyak 29 orang.

Sementara untuk jumlah UKM binaan sebanyak 122 di Gelari Pelangi. Sementara untuk sudut baca atau perpustakaan di Gowa ada 54 diseluruh kecamatan, dan PKK Gowa juga memiliki 7 koperasi dan toko PKK yang tersebar di seluruh Kecamatan.

"Kami juga memiliki data terkait dengan kemiskinan di Kabupaten Gowa 7,54% di tahun 2021 dan 7,36% di tahun 2022. Pada tahun 2023 ada 38 rumah gizi di Kabupaten Gowa, kemudian untuk angka stunting Menurut data SSGI di tahun 2022 itu ada 33%," kata Priska Adnan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Gagas Sistem Penanggulangan Bencana Berbasis Teknologi

Selain itu kata Priska, jumlah ibu hamil akhir triwulan ketiga ini tahun 2023 sebanyak 17.816 orang dan jumlah ibu hamil yang minum tablet tambah darah sebanyak 15.393 orang.

"Presentasi ibu hamil yang minum tablet tambah darah 86,4% dan remaja putri yang minum tablet tambah darah 84,6%," jelas istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Kehadiran TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan ke Kabupaten Gowa tentunya merupakan kesempatan yang baik bagi TP PKK Kabupaten Gowa untuk dapat mendengarkan langsung arahan khusus dari Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan ini khususnya sinkronisasi program prioritas pemerintah provinsi dalam kaitannya dengan pelaksanaan 10 Program Pokok yang dijalankan di Kabupaten Gowa.

#Pemkab Gowa #Priska Paramita Adnan