Jumat, 06 Oktober 2023 21:35

Kakanwil Kemenkumham Kunjungi Ketua DPRD Provinsi Sulsel. Ini Yang Dibahas

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kakanwil Kemenkumham Kunjungi Ketua DPRD Provinsi Sulsel. Ini Yang Dibahas

Kunjungan ini dalam rangka memperkuat kerjasama dan mengakselerasi pembentukan Peraturan Daerah (Perda) di Sulawesi Selatan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bersama para Kepala Divisi beserta jajaran melakukan kunjungan ke Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika Sari di Kantor DPRD Sulsel, Kamis (5/10).

Liberti menyebut, kunjungan ini dalam rangka memperkuat kerjasama dan mengakselerasi pembentukan Peraturan Daerah (Perda) di Sulawesi Selatan.

"Kanwil Kemenkumham Sulsel selama tahun 2023 per tanggal 4 Oktober 2023 telah dilakukan harmonisasi rancangan produk hukum daerah sebanyak 254. Ini meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 240 rancangan yang telah diharmonisasi," Ungkap Liberti.

Baca Juga : Gelar Upacara Peringati HBP ke-60, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Katakan ini

Kakanwil berharap, melalui koordinasi ini dapat terus dilakukan sinegitas antara Kanwil Sulsel dengan DPRD Sulsel dalam mendorong peningkatan pembentukan ranperda di seluruh daerah di Sulsel yang dapat mengakomodir kepentingan publik.

Senada dengan Kakanwil, Ketua DPRD Sulsel juga menyampaikan bahwa koordinasi ini diharapkan dapat mengakselerasi Pemda di Sulsel dalam pembentukan Ranperda.

"Selama ini, Kanwil Sulsel telah memberikan kontribusi yang besar terhadap Sulsel. Apresiasi terhadap hal tersebut dan semoga dapat memberikan dukungan dan terus memberikan pendampingan terhadap pembentukan Ranperda Provinsi Sulsel," Ungkap Andi Ina.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Kunjungan ke Barru, Dorong Pemanfaatan Bantuan Pertanian

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulsel, Rudy Pieter Goni yang juga hadir pada pertemuan ini berharap agar kesepahaman dalam pembentukan Perda dapat terus terjalin.

Pada pertemuan ini, Kakanwil bersama jajaran juga meminta dukungan kepada DPRD Sulsel terhadap pembangunan Kanwil Sulsel yang rencanaya, peletakan batu pertama akan diselenggarakan pada pertengahan Oktober tahun ini.

Ketua DPRD pada pertemuan ini juga menyerahkan 3 (Tiga) Ranperda inisiatif DPRD Sulsel untuk diharmonisasi yakni tentang pengelolaan terumbu karang berbasis masyarakat, tentang kesehatan ibu dan anak dan tentang pendidikan akhlak mulia dan etika ruang publik.

Baca Juga : Lantik PPNS, MPDN dan Notaris Pengganti, Liberti Sitinjak Berpesan Jaga Netralitas

Terkait tugas dan fungsi keimigrasian juga dibahas pada pertemuan ini dan diharapkan, kerjasama dalam keimigrasian dapat terjalin baik antara Kanwil Sulsel dan DPRD.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Sekwan DPRD Sulsel M. Jabir, Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih, Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra, Kabid Hukum Andi Haris, Kasubag Humas, RB dan TI Meydi Zulqadri beserta para perancang dan penyuluh Hukum Kanwil Sulsel.(**)

#Kemenkumham Sulsel #dprd sulsel