Senin, 02 Oktober 2023 08:13

Target Bangun 100.000 Rumpon, Pemprov Sulsel Ajukan Perencanaan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengajukan rencana pembangunan 100.000 rumpon (rumah ikan) ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Upaya ini sebagai solusi cepat meningkatkan produksi ikan laut.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menginstruksikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Muh. Ilyas, segera menyiapkan perencanaan pembangunan rumpon yang ditujukan ke pemerintah pusat, tepatnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Langkah ini untuk percepatan pembangunan rumah ikan atau lebih dikenal dengan rumpon/kelong di Sulsel.

"Saya sudah mengarahkan Pak Kadis Kelautan dan Perikanan untuk buat permohonan pembangunan rumah ikan di Selat Makassar (pantai barat Sulsel) dan di Teluk Bone (pantai timur Sulsel)," ungkap Bahtiar, Ahad (1/10/2023).

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Bahtiar menargetkan 100.000 rumpon. Diketahui, rumpon adalah rumah ikan yang bisa dibangun secara cepat dengan tujuan agar ikan laut melimpah.

"Rumah ikan yang ideal semacam rumah ikan permanen adalah karang-karang laut dan pohon-pohon bakau. Masalahnya, menumbuhkan karang perlu waktu lama begitu pula bakau," jelasnya.

"Sekarang, nelayan Sulsel terpaksa mencari ikan ke laut dalam, jauh dari pesisir pantai. Sementara, jumlah kapal-kapal ikan yang besar terbatas sehingga perlu modal yang sangat besar," sambung Bahtiar.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

Terobosan sebagai bentuk solusi bagi nelayan yang tidak punya modal sekaligus untuk mengatasi kemiskinan dalam waktu cepat, kata Bahtiar, adalah membangun rumpon sebanyak-banyaknya. Wilayah laut adalah milik negara sehingga semua masyarakat berhak untuk menikmati hasil laut tersebut.

"Kami yakin rumah ikan buatan, seperti rumpon adalah solusi cepat untuk pengentasan kemiskinan bagi nelayan di Indonesia," ucapnya.

#Pemprov Sulsel #DKP Sulsel #Bahtiar Baharuddin