Minggu, 01 Oktober 2023 21:44

Ajang HDC Jadi Wujud Mimpi Pebalap Muda

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ajang HDC Jadi Wujud Mimpi Pebalap Muda

Pembalap termuda Honda Dream Cup berusia 12 tahun Invael Lepong Bulan

RAKYATKU.COM, PALOPO - Honda Dream Cup yang digelar PT Astra Motor Honda dan Astra Motor Sulawesi Selatan di Sirkuit Ratona Motosport Palopo pada 29-30 September 2023, menjadi arena bagi pembalap-pembalap muda mengasah kapasitas dan kapabilitas sekaligus meraih mimpi.

Sebanyak 180 pembalap beradu cepat di semua kelas utama dan lima kelas tambahan yang dilombakan. Mereka memperebutkan peringkat teratas, meraih mimpi, dan mengaktualisasikan diri.

Pembalap termuda Honda Dream Cup berusia 12 tahun Invael Lepong Bulan mengaku senang dan bangga dapat beradu cepat di sirkuit balap. Baginya, Honda Dream Cup adalah ruang untuk berlatih memacu sepeda motor dan meraih prestasi.

Baca Juga : Asmo Sulsel Kampanyekan Safety Riding kepada Komunitas dalam New Stylo 160 Everywhere di Kendari

"Mulai balapan dari umur 10 tahun. Suka ikut event-event balap. Honda Dream Cup ini bagus karena ada kelas untuk U-12 dan U-16. Semangat untuk ikut balapan di sini," kata Invael.

Hal senada dikatakan Ressa Fauziah Sabana. Pembalap perempuan satu-satunya di kelas Matic Standar s/d 130cc Pemula tersebut menjadikan Honda Dream Cup sebagai arena mengasah kemampuan. Dalam kelas tersebut, Ressa berhasil menjadi Juara 3.

"Honda Dream Cup ini termasuk event kejuaraan nasional. Jadi suatu kebanggaan bisa ikut balap di sini. Ini juga menjadi motivasi untuk mengikuti event-event selanjutnya, motoprix-motoprix selanjutnya," tuturnya.

Baca Juga : New Honda Stylo 160 Siap Mengaspal di Kota Kendari

Sementara itu, Iswandi Muis yang meraih Juara 1 Honda Dream Cup Palopo kelas Sonic/GTR 150 Expert/novice mengatakan bahwa Honda Dream Cup Palopo kali ini terasa komplet. Sebab, Sirkuit Ratona Motosport Palopo merupakan salah satu trek yang cukup baik dengan tikungan dan lurusan.

"Sirkuit ini lumayan sangat bagus, dan sangat lengkap. Ada tikungan yang bagus dan menantang, ada juga lurusan yang cukup baik untuk pembalap," ucap Iswandi.

Honda Dream Cup sendiri digelar oleh PT Astra Honda Motor bersama Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, untuk menjawab kerinduan pecinta balap One Make Race sepeda motor Honda. Adapun Honda Dream Cup tahun ini bertajuk Satu Hati Raih Impian.

Baca Juga : Fitur Motorku X Semakin Lengkap dan Mudahkan Konsumen Honda

Gelaran Honda Dream Cup dibuka dengan kegiatan Honda Dream Cup Tour yang dilaksanakan di SMK 2 Palopo pada 29 September 2023 di mana dalam kegiatan ini para siswa diajak sharing melalui Racing Technical Forum yang akan diisi oleh pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Andi Gilang untuk berbagi pengalaman dalam persaingan balap di Asia.

Kepala Wilayah Astra Motor Sulawesi Selatan, Thamsir Sutrisno, menjelaskan bahwa ajang balap motor tersebut menjadi bukti komitmen Honda untuk mendampingi masyarakat meraih mimpi. Honda Dream Cup juga dapat menjadi ruang untuk pembalap Indonesia mengaktualisasikan diri.

"Komitmen itu juga terwujud dari kelas-kelas yang dilombakan yang bisa mengakomodasi hobi balap masyarakat yang beragam, mulai dari U-12, U-16, maupun untuk pemula," ucap Thamsir.

Baca Juga : Promo Launching New Honda Stylo 160, Beli Sekarang dapatkan Keuntungannya

Thamsir juga mengatakan, Honda Dream Cup di Sirkuit Ratona Motosport Palopo menjadi salah satu wujud Sinergi bagi Negeri, khususnya dalam melahirkan pembalap-pembalap potensial.

"Sesuai dengan semangat Honda Dream Cup untuk mewadahi talenta pembalap muda sekaligus ruang aktualitasi pegiat balap di Indonesia, khususnya Sulawesi," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Palopo Firmansyah mengapresiasi Honda Dream Cup yang berlangsung di Sirkuit Ratona Motosport Palopo. Menurutnya, ajang balap tersebut dapat menstimulus perekonomian daerah.

Baca Juga : Siap Mengaspal di Setiap Jalan di Kota Makassar, Begini Harga New Honda Stylo 160

"Saya ucapkan terima kasih atas acara ini. Event ini, termasuk sirkuit, membangun ekonomi baru bagi warga Palopo. Dan kita harus sama-sama menjaga," ucapnya.

#HDC Palopo #asmo sulsel