Rabu, 27 September 2023 08:19

PT Vale Bangun Jembatan dan Instalasi Air Bersih di Luwu Timur, Libatkan Pekerja Lokal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peletakan batu pertama proyek pembangunan jaringan air bersih dan jembatan di Desa Mahalona, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (25/9/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)
Peletakan batu pertama proyek pembangunan jaringan air bersih dan jembatan di Desa Mahalona, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (25/9/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia membangun proyek infrastruktur jaringan air bersih dan jembatan di Desa Mahalona, Luwu Timur, Sulsel, dengan melibatkan tenaga kerja lokal, bertujuan untuk memberdayakan talenta lokal dan memperbaiki kehidupan masyarakat. Dua proyek ini ditargetkan selesai Juli 2024.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia membangun proyek infrastruktur untuk menunjang kebutuhan esensial masyarakat, yakni jaringan air bersih dan jembatan, di Desa Mahalona, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bersama tripika Kecamatan Towuti dan Pemerintah Desa Mahalona, manajemen PT Vale meletakkan batu pertama proyek ini, Senin (25/9/2023). Setengah tenaga kerja dari dua proyek ini merupakan talenta lokal.

 

Manajemen PT Vale diwakili Acting Chief Technology Officer (CTO) PT Vale, Jinan Syakir, didampingi jajaran manajemen PT Vale lainya. Sementara, dari pemangku kepentingan, hadir Kepala Desa Towuti, Russa, Kapolsek Towuti, Iptu Suhardi, unsur TNI, tokoh masyarakat, dan pemuda Desa Mahalona.

Baca Juga : HPSN 2024, PT Vale Donasi 2.000 Kg Sampah Terpilah ke Bank Sampah

Jinan mengatakan, pembangunan kedua proyek diharapkan memberikan kesempatan untuk menambah pengalaman bagi talenta lokal. Menyiapkan pengerjaan proyek ini, total 200 pekerja telah menjalani pelatihan sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) PT Vale.

"Sebanyak 100 orang tenaga kerja itu dari Desa Mahalona. Semoga ini menjadi titik awal kemajuan dan keberkahan bagi kita semua," ujar Jinan.

Jinan juga berharap dukungan masyarakat dapat memperlancar aktivitas pembangunan jembatan sepanjang 45 meter dan lebar 13 meter ini. "PT Vale punya tujuan bahwa keberadaannya itu untuk memperbaiki kehidupan dan perubahan lebih baik bersama-sama. Apa pun aktivitasnya harus memberikan manfaat sebesar-besarnya," jelasnya.

Baca Juga : Produk Binaan PPM PT Vale Hadir di Sentra UMKM Apindo Sulsel

Selain jembatan, perseroan juga mendukung pembangunan instalasi air bersih dengan jangkauan mencapai 16 kilometer. Infrastruktur ini akan tak hanya berfungsi untuk membawa pasokan air ke lahan konsesi PT Vale di Blok 1 Bahodopi, Sulawesi Tengah, tetapi juga membawa manfaat bagi 1.808 penduduk di empat dusun yang ada di Desa Mahalona, yakni Koromalai, Ballawai, Mahalona Satuan Pemukiman (SP) IV, dan Koromalai SP I. Ribuan penduduk tersebut tergabung ke dalam 546 kepala keluarga (KK).

Jinan berharap proyek ini akan berjalan beriringan dan ditargetkan rampung pada Juli 2024. "Sepuluh bulan ke depan kami berharap rekan-rekan bersinergi, berkolaborasi, konsisten dengan target dan keselamatan. Tentunya agar proyek selesai tepat waktu," ungkapnya.

Kepala Desa Mahalona, Russa, mengapresiasi keseriusan PT Vale dalam memberdayakan talenta lokal dan memakmurkan masyarakat di kawasan operasionalnya. Kehadiran Jembatan Lampesue dan instalasi air bersih Mahalona memberikan kemudahan aktivitas di desanya.

Baca Juga : PT Vale IGP Morowali Mulai Pemancangan Pembangunan Pelabuhan Saprolite Ore

"Belum lagi ada peluang ekonomi baru saat proyek ini berlangsung 10 bulan ke depan. Masyarakat kami bisa berdagang kebutuhan pekerja, laundry, penyewaan alat, dan katering. Terima kasih untuk PT Vale,” ujar Russa.

#PT Vale Indonesia