Senin, 25 September 2023 15:04

Bupati Jeneponto Pimpin Rakor Forkopimda: Bahas Pengendalian Inflasi, Kemiskinan Ekstrim, dan Kekeringan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Jeneponto Pimpin Rakor Forkopimda: Bahas Pengendalian Inflasi, Kemiskinan Ekstrim, dan Kekeringan

Bupati Iksan Iskandar memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras, kompak, dan serius dalam mencapai pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi dengan baik.

RAKYATKU.COM -- Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) di ruang rapat Bupati Jeneponto, Senin (25/9/2023). Dalam pertemuan tersebut, sejumlah agenda penting menjadi fokus pembahasan.

Salah satu topik utama yang dibahas adalah pengendalian inflasi, kemiskinan ekstrim, serta kesiapsiagaan dan penanggulangan terjadinya bencana kekeringan.

Bupati Iksan Iskandar memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras, kompak, dan serius dalam mencapai pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi dengan baik.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Iksan menekankan pentingnya kolaborasi dan semangat gotong-royong FORKOPIMDA berdasarkan tugas dan kewenangan masing-masing.

"Semua yang telah kita capai merupakan hasil kerja keras kita bersama, baik TNI, Pollri dan Kejari.Selanjutnya apa-apa yang telah kita bahas dalam rapat singkat ini, akan kita tindaklanjuti dengan rapat teknis nantinya. Kita harus tingkatkan apa-apa yang sudah kita jalankan dengan baik dan kita inventarisir hal-hal yang kita nilai jalannya masih tergolong lambat," kata Iksan

Selain itu, Iksan juga menyoroti persiapan pelaksanaan Pemilu Legislatif, Pilpres, dan Pemilihan Kepala Desa yang akan datang pada 2024.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

"Persiapan Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkades juga menjadi perhatian penting kita bersama. Kondusifitas keamanan dan ketentraman harus kita ciptakan dan terjaga di Jeneponto," kata Iksan.

Iksan Iskandar memastikan kontrol atas faktor-faktor penyebab inflasi di Jeneponto seperti ketersediaan beras, cabai, telur, dan lainnya. Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah, Amiruddin Abbas, menjelaskan peran TPID dalam memantau inflasi dan harga bahan pokok di pasar.

Rapat juga mendengarkan laporan Kepala Bappeda, Alfian Affandi Syam, mengenai penanganan kemiskinan ekstrim yang mengalami penurunan signifikan di beberapa wilayah kecamatan. Dalam upaya penekanan stunting, Jeneponto telah menjalankan program strategis yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Susanty A. Mansyur.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Terakhir, terkait potensi kekeringan dan kekurangan air, Kepala BPBD Jeneponto, A. Patoppoi, menyampaikan informasi tentang desa-desa yang terdampak dan rencana pembentukan satuan tugas untuk membantu masyarakat dalam hal ketersediaan air bersih.

Acara ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar sebagai juara III terbaik tingkat Nasional dalam kategori gelar pangan murah Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Award 2023 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Penghargaan ini diterima oleh Bupati pada acara SPHP Award sebelumnya di Bali pada 15 September 2023.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #iksan iskandar