Sabtu, 23 September 2023 08:12

Bupati Luwu Utara Dorong Pentingnya Masa Transisi dari PAUD ke SD

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat berkunjung ke TK Pembina Masamba, Jumat (22/9/2023). (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat berkunjung ke TK Pembina Masamba, Jumat (22/9/2023). (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengunjungi TK Pembina Masamba untuk mempersiapkan anak-anak melanjutkan pendidikan tingkat lebih tinggi. Masa transisi dari PAUD ke SD dinilai penting untuk mengenalkan anak-anak tentang SD setelah mereka menyelesaikan pendidikan PAUD.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berkunjung ke TK Pembina Masamba dalam rangka masa transisi mempersiapkan murid PAUD yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya atau tingkat SD, Jumat (22/9/2023).

Masa transisi murid PAUD ke SD dianggap sangat penting untuk mempersiapkan anak-anak yang mau melanjutkan sekolah ke tingkat lebih tinggi.

"Beberapa tahun terakhir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara sudah mensyaratkan untuk masuk ke SD salah satu syaratnya adalah telah menempuh pendidikan PAUD. Kita ketahui bahwa metode pendekatan pembelajaran yang menyenangkan sudah lama diterapkan di TK atau PAUD," kata Indah.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Indah yang juga Bunda PAUD Luwu Utara mengatakan saat menempuh pendidikan di TK/ PAUD para siswa sudah ditanamkan bahwa sekolah itu menyenangkan. Selain itu, kata dia, paling penting dari kegiatan ini adalah bagaimana mereka tidak kaget dan siap bertransisi dari PAUD ke SD.

"Ini adalah bagian dari pengenalan kepada anak-anak kita yang bersekolah di PAUD bahwa setelah menyelesaikan sekolah PAUD itu tidak selesai, tetapi mereka harus melanjutkan sekolah ke tingkatan yang lebih tinggi yaitu SD," sambung istri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, ini.

Ibu dua anak ini juga mengungkapkan data menunjukkan bahwa angka putus sekolah dari anak-anak yang telah mengikuti PAUD dan tidak sekolah PAUD menunjukkan ada perbedaan.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Ternyata anak yang mengikuti sekolah PAUD sebelum melanjutkan ke jenjang selanjutnya potensi putus sekolahnya jauh lebih sedikit dibanding anak-anak yang tidak menikmati sekolah di jenjang PAUD. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia sekolah PAUD atau TK itu dapat menyekolahkan anaknya di PAUD," imbau bupati yang karib disapa IDP ini.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani