Kamis, 21 September 2023 18:35

Sadaruddin Dosen FKIPS UIM Al Gazali Raih Doktor di UNM

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sadaruddin Dosen FKIPS UIM Al Gazali Raih Doktor di UNM

Sadaruddin, dosen Program Studi PG PAUD FKIPS UIM Al Gazali, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengembangan Model Design, Explain, Develop, and Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) dalam Menstimulasi Kreativitas Anak".

RAKYATKU.COM -- Dosen Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al Gazali, Sadaruddin, berhasil meraih gelar doktor setelah sukses mempertahankan disertasinya di Program Studi S3 Ilmu Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM).

Ujian Promosi Doktor Sadaruddin, digelar di Aula Gedung AD lantai 5 Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), Jl. Bonto Langkasa, Kamis (21/9/2023).

Sadaruddin, dosen Program Studi PG PAUD FKIPS UIM Al Gazali, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengembangan Model Design, Explain, Develop, and Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) dalam Menstimulasi Kreativitas Anak".

Baca Juga : UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 78 Mahasiswa Inbound PMM 3

Sidang promosi tersebut dipimpin oleh Wakil Direktur 2 Pascasarjana UNM, Prof. Dr. Baso Jabu, yang juga bertindak sebagai kopromotor, dengan didampingi oleh Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad sebagai promotor, Prof. Dr. H. Patta Bundu, Prof. Dr. Abdullah Pandang, dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Yahya sebagai penguji internal, serta Prof. Dr. H. Bahaking Rama sebagai penguji eksternal.

Dalam presentasinya, Sadaruddin menjelaskan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengevaluasi model Design, Explain, Develop, and Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) dalam merangsang kreativitas anak.

Hasil riset ini menghasilkan produk berupa buku model dan buku panduan guru yang valid, praktis, dan efektif, serta sebuah jurnal yang telah dipublikasikan di European Journal of Education and Pedagogy dengan judul "Needs Analysis of Project-based Learning Model Development in Stimulating Children’s Creativity," edisi Vol. 4 (5) tahun 2023.

Baca Juga : UIM Berkemilau di Tingkat Nasional: Menjadi Salah Satu dari 128 PT se-Indonesia Penerima PMM 4

Setelah menjawab semua pertanyaan dari dewan penguji, Sadaruddin berhasil dinyatakan lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,96 dan meraih predikat "Sangat Memuaskan".

Rektor UIM Al Gazali, Prof. Dr. KH. Muammar Bakry, menyatakan kebanggaannya atas prestasi tersebut, menggambarkannya sebagai salah satu aset berharga universitas.

Wakil Rektor 2 UIM Al Gazali, Badruddin Kaddas, yang hadir dalam promosi tersebut, mengungkapkan kekagumannya terhadap prestasi Sadaruddin dan berharap hasil risetnya akan berkontribusi pada perbaikan mutu pendidikan di Sulawesi Selatan, terutama di Kota Makassar. Ia juga berharap agar Sadaruddin dapat meraih gelar guru besar dalam tiga tahun mendatang.

Baca Juga : Buka PPG Angkatan Kedua, Rektor UIM Al-Gazali: Profesi Guru adalah Profesi yang Mulia

Dekan FKIPS UIM Al Gazali, Dr. Mulyadi, yang juga hadir dalam promosi tersebut, menyambut positif pencapaian Sadaruddin sebagai langkah menuju target 90% dosen FKIP UIM yang berkualifikasi doktor pada tahun 2025.

Mulyadi berharap prestasi tersebut diharapkan akan mendorong semangat para dosen FKIPS lainnya untuk menyelesaikan studi S3 mereka dan meningkatkan akreditasi baik untuk program studi PG PAUD maupun universitas secara keseluruhan.

#Universitas Islam Makassar #Ujian Promosi Doktor #FKIPS UIM Al-Gazali