Kamis, 21 September 2023 17:42

Personil Gabungan Akan Dikerahkan Tangani Persoalan Pak Ogah di Kota Makassar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Personil Gabungan Akan Dikerahkan Tangani Persoalan Pak Ogah di Kota Makassar

"Operasi yang kami lakukan ini mengingat banyaknya laporan dari masyarakat yang kami terima tentang keberadaan Pak Ogah yang sudah meresahkan,”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Keberadaan Pak Ogah masih menjadi persoalan yang dikeluhkan masyarakat di Kota Makassar.

Untuk itu, Forum LLAJ Sulsel melakukan rapat pada Rabu tanggal 21 September 2023 dihadiri oleh unsur Polri, Jasa Raharja, Dishub Provinsi, BPTD Wil.XIX Sulsel, Dinas PU Sulsel, BPJN Sulsel, Dishub Kota Makassar, Dinas PU Kota Makassar, Satpol PP Kota Makassar.

Rapat forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), dipimpin Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya dengan fokus membahas permasalahan penertiban Pak Ogah.

Baca Juga : Operasi Ketupat Pallawa 2024 Berhasil Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Tim Forum LLAJ sepakat berkolaborasi menertibkan Pak Ogah atau pengatur lalu lintas jalan ilegal di persimpangan maupun di lokasi putaran balik (U-Turn) kendaraan bermotor di wilayah kota Makassar. Tim penertiban terdiri dari personel Ditlantas Polda Sulsel, Satlantas Polrestabes Makassar, Satpol PP dan Dinas Perhubungan kota Makassar.

Pelaksanaan operasi ini akan dilaksanakan pada minggu ke 3 dan 4 Bulan September merupakan tahap sosialisasi dan awal Oktober akan dilaksanakan upaya preventif dan represif secara kolaboratif

Gelar operasi penertiban terhadap Pak Ogah yang kerap mangkal antara lain di Jl. Pettarani, Jl. Hertasning dan Jl. Veteran kota Makassar diharapkan mampu mengatasi masalah di jalanan. Perilaku Pak Ogah yang hobi minta fee karena membantu 'mengatur' lalu lintas di jalanan dengan harapan diberikan uang receh dari pengguna jalan.

Baca Juga : Operasi Keselamatan Pallawa 2024, 347.191 Pelanggaran Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE

Kombes Pol Made Agus Prasatya, mengatakan, kegiatan ini akan digelar secara rutin karena keberadaan Pak Ogah atau istilah populernya Polisi Cepek tersebut telah mengganggu ketertiban umum dan kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas serta rawan terjadi kecelakaan baik yang menimpa Pak Ogah sendiri maupun masyarakat pengguna jalan

"Dalam operasi ini kami akan mengerahkan personel gabungan yang berasal dari, Ditlantas Polda Sulsel, Satlantas Polrestabes Makassar, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan kota Makassar," kata Kombes Pol Made Agus Prasatya.

Lebih lanjut dikatakan, operasi ini dalam rangka menegakkan peraturan daerah kota Makassar tentang ketertiban umum. Hal ini mengingat, keberadaan Pak Ogah telah mengganggu ketertiban masyarakat.

Baca Juga : Pelanggaran Lalu Lintas di Sulsel Selama Dua Bulan Nyaris Capai 2 Juta

"Operasi yang kami lakukan ini mengingat banyaknya laporan dari masyarakat yang kami terima tentang keberadaan Pak Ogah yang sudah meresahkan,” tambah Kombes Pol Made Agus Prasatya.

#Ditlantas Polda Sulsel