Senin, 18 September 2023 14:58

Buka PPG Angkatan Kedua, Rektor UIM Al-Gazali: Profesi Guru adalah Profesi yang Mulia

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Buka PPG Angkatan Kedua, Rektor UIM Al-Gazali: Profesi Guru adalah Profesi yang Mulia

Pada saat membuka kegiatan tersebut, Prof. Muammar Bakry menyampaikan bahwa profesi guru adalah profesi yang mulia dalam membentuk dan mendidik anak bangsa.

RAKYATKU.COM -- Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Prof. Dr. H. Muammar Bakry membuka kegiatan Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan angkatan kedua, yang diadakan melalui Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIM Al-Gazali.

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra (FKIPS) UIM Al-Gazali dan dilaksanakan di Gedung Rektorat lantai 3, serta secara virtual melalui platform Zoom, Senin (18/9/2023).

Pada saat membuka kegiatan tersebut, Prof. Muammar Bakry menyampaikan bahwa profesi guru adalah profesi yang mulia dalam membentuk dan mendidik anak bangsa. 

Baca Juga : UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 78 Mahasiswa Inbound PMM 3

"Guru memiliki peran penting dalam mengajar, mendidik, membina, mengarahkan, dan membentuk watak serta kepribadian sehingga generasi muda memiliki ilmu pengetahuan, kecerdasan, dan martabat yang tinggi," ungkapnya.

Prof. Muammar juga berharap bahwa semua peserta PPG dapat lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, sehingga mereka dapat membuktikan diri sebagai guru yang profesional dan berhak mendapatkan tunjangan profesi guru.

Diketahui Universitas Islam Makassar (UIM Al-Gazali) telah menorehkan prestasi luar biasa dengan menjadi mitra Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Negeri Makassar dalam mendukung program nasional sertifikasi guru di Indonesia dengan mengusulkan pembukaan Program Studi PPG.

Baca Juga : UIM Berkemilau di Tingkat Nasional: Menjadi Salah Satu dari 128 PT se-Indonesia Penerima PMM 4

Pada tahun 2022, UIM Al-Gazali secara resmi membuka Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pendidikan di tanah air.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan kepercayaan kepada UIM Al-Gazali untuk menjadi salah satu LPTK penyelenggara PPG di seluruh Indonesia.

Ini terbukti dengan penerbitan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Profesi Guru, yang menjadikan UIM Al-Gazali salah satu dari 127 LPTK yang menyelenggarakan PPG di Indonesia.

Baca Juga : Sadaruddin Dosen FKIPS UIM Al Gazali Raih Doktor di UNM

Prestasi terbaru yang patut dibanggakan adalah kepercayaan yang diberikan oleh Kemendikbud Ristek kepada UIM Al-Gazali untuk menyelenggarakan PPG dalam jabatan Angkatan kedua.

Sebanyak 90 guru dari berbagai daerah, termasuk Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat, akan mengikuti pendidikan profesi guru di UIM Al-Gazali.

Mereka akan fokus pada bidang studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan bimbingan dari tenaga pengajar berpengalaman dan berkualifikasi tinggi.

Baca Juga : Rektor UIM Dorong Akses Pendidikan dengan Kebijakan Biaya Kuliah yang Terjangkau

Kegiatan pembukaan PPG ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Ahmad Hanafie, Wakil Rektor II, Badruddin Kaddas, Dekan FKIPS UIM Al-Gazali, dan unsur dosen FKIPS UIM Al-Gazali.

 

#Universitas Islam Makassar #PPG UIM Al-Gazali