Senin, 04 September 2023 18:46

Operasi Zebra Pallawa 2023 Dimulai, 7 Sasaran Prioritas Polres Wajo

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Operasi Zebra Pallawa 2023 Dimulai, 7 Sasaran Prioritas Polres Wajo

Operasi Zebra Pallawa 2023 ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas pada ruas jalan Blackspot, Trouble Spot serta dapat meminimalisir Fatalitas Korban Laka Lantas

RAKYATKU.COM, WAJO - Operasi Zebra secara serentak di seluruh Indonesia mulai Senin (4/9/2023) hingga 17 September 2023.

Operasi Zebra 2023 ini dilakukan guna menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024.

Dalam hal ini, Polres Wajo Polda Sulsel gelar Apel pasukan dalam rangka Operasi Zebra Pallawa tahun 2023 di Lapangan Mapolres Wajo. Senin (04/05/2023)

Baca Juga : Pastikan Keamanan Pemudik, Kapolres Wajo Cek Kesiapan Posko Dalam Rangka Hari Raya Idul Fitri 2024

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Wajo Kompol H. Muhtar, dengan menyampaikan sambutan serentak Kapolda Sulawesi Selatan.

Wakapolres mengatakan, dalam operasi tersebut akan fokus pada 7 sasaran pelanggaran yakni, Penggunaan HP saat berkendara.L, Pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, Pengemudi dan pengendara dibawah umur, Tidak menggunakan Helm SNI, Tidak menggunakan sabuk pengaman, Pengemudi / Pengendara dalam pengaruh alkohol, Melawan arus lalu lintas, Melebihi batas kecepatan maksimal.

Dalam penanganan ke tujuh jenis pelanggaran tersebut, lakukan secara persuasif, humanis dengan memberikan tindakan teguran simpatik, dan atau tilang konvensional serta dengan system etle statis dan etle mobile kepada pelanggar.

Baca Juga : Kapolres Wajo Pimpin Apel Operasi Ketupat 2024, Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

"Selain tindakan teguran simpatik, tilang konvensional dan system Etle, juga laksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas sehingga tercipta masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas bangsa," jelas Kapolres.

Selanjutnya, Operasi Zebra Pallawa 2023 ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas pada ruas jalan Blackspot, Trouble Spot serta dapat meminimalisir Fatalitas Korban Laka Lantas.

"Kepada seluruh petugas, agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan selalu mengutamakan faktor keamanan dan Keselamatan diri dengan tetap berpedoman pada SOP. Hindari tindakan yang menjadi pemicu ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri khususnya lalu lintas, lakukan tugas Operasi Kepolisian secara Profesional, Prosedural dan Terbuka dengan cara Persuasif Humanis," pungkasnya.

Baca Juga : Peduli Sesama di Bulan Ramadhan, Polsek Keera dan Bhayangkari Bagi Takjil Gratis Ke Pengguna Jalan

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023, Mewakili Dandim 1406 Wajo Letda Inf. Muh. Nawir, Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Wajo, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Kab.Wajo Ambo Iri, Mewakili Kasatpol PP, Kabid Trantib Mihruddin T, Kabid Damkar H. Ariadi Ahmad, Para Kabag, Kasat dan perwira staf Polres Wajo, Para Kapolsek Jajaran Polres Wajo.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#polres wajo #operasi zebra