Kamis, 31 Agustus 2023 10:39

Gubernur Sulsel Resmikan Ruas Jalan Bonglo - Pantilang di Luwu, Buka Akses Wilayah Terisolasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian peningkatan jalan ruas Bonglo - Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Rabu (30/8/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)
Peresmian peningkatan jalan ruas Bonglo - Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Rabu (30/8/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, meresmikan peningkatan jalan ruas Bonglo - Pantilang di Kabupaten Luwu, membuka akses baru antara Luwu Raya dan Toraja. Penanganan jalan ini berkat bantuan keuangan dari Pemprov Sulsel Rp 39 miliar untuk pengaspalan 10,6 kilometer.

RAKYATKU.COM, LUWU - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan peningkatan jalan ruas Bonglo - Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Rabu (30/8/2023).

Peresmian sekaligus peninjauan jalan ini, Andi Sudirman didampingi Bupati Luwu, Basmin Mattayang, dan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Viktor Palimbong.

 

"Alhamdulillah, meresmikan peningkatan jalan ruas Bonglo - Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu. Ini salah satu akses dari Luwu Raya menuju Toraja," ujar Andi Sudirman.

Baca Juga : PKK Sulsel Goes to School, Sofha Marwah Bagikan Bantuan dan Ajak Siswa Prioritaskan Pendidikan

Ruas jalan ini, kata dia, akan menghubungkan akses jalan dari Palopo - Luwu - Toraja melalui ruas Palopo - Latuppa - Bonglo - Pantilang - Rantepao.

Penanganan jalan ini, berkat bantuan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel alokasikan tahun anggaran 2022 dan 2023.

"Selesainya penanganan jalan ini oleh Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Luwu melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel tahun anggaran 2022 dan 2023 total Rp 39 miliar untuk pengaspalan 10,6 kilometer. Alhamdulillah, dalam dua tahun kita bisa tangani dan tuntaskan sepanjang 10,6 kilometer," jelasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Ia pun mengapresiasi Bupati Luwu beserta jajaran yang merealisasikan bantuan keuangan tersebut.

Terlebih, kata dia, jalan ini juga menghubungkan ruas jalan provinsi pada ruas Bua - batas Toraja Utara di Luwu yang saat ini progres ditangani sepanjang 2,2 kilometer.

Dengan selesainya penanganan jalan ini, akan membuka akses masyarakat terisolasi sekaligus memperlancar akses mobilitas masyarakat dari/ke Luwu ke Toraja.

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

"Kami turut senang dengan kebahagiaan masyarakat dengan penanganan jalan ini. Hal ini sebagai wujud bukti pemerataan pembangunan yang berkeadilan dan secara bertahap," kata Andi Sudirman.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman