Selasa, 29 Agustus 2023 17:05

Objek Wisata Ollon Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Besok Diresmikan Gubernur

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Instagram / toraja.cantik
Instagram / toraja.cantik

"Sehingga bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah dari sektor pariwisata,"

RAKYATKU.COM, TANA TORAJA - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dijadwalkan akan meresmikan objek wisata lembah Ollon Lembang Bau, Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu, 30 Agustus 2023.

"Untuk objek wisata andalan Ollon dijadwalkan Gubernur Sulsel akan hadir meresmikan besok," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Yessy Yoanna Ariestiani, Selasa, 29 Agustus 2023.

Terkait Ollon, Kepala Bidang Promosi dan Pengembangan dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Sulsel, Andi Zukarnain menyampaikan, Ollon merupakan destinasi yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Toraja dan sekitarnya. Ini pada PP NO. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan tahun 2010-2025. Dan masuk dalam Destinasi Pariwisata Daerah (DPD) Utara Sulawesi Selatan (Perda No 2 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah Sulawesi Selatan 2015-2030.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

"Dalam strategi pengembangan Ollon sebagai sebuah destinasi wisata Andalan Sulawesi Selatan dengan atraksi (daya tarik) panorama dan keunikan landscape pegunungan dan perbukitan," sebutnya.

Pemprov Sulsel dalam kepemimpinan Andalan telah mendukung aspek aksesibilitas  yaitu kemudahan bagi para pengunjung dan wisatawan untuk menjangkau Ollon.

Serta, tahun berikutnya direncanakan akan dilanjutkan dengan pengembangan amenitas atau fasilitas penunjang lainnya di destinasi wisata, diharapkan bantuan ini tidak hanya akan meningkatkan kunjungan wisatawan tapi juga meningkatkan long stay (lama tinggal) serta spending (pengeluaran wisatawan) di kawasan wisata strategis Toraja dan sekitarnya.

Baca Juga : Musda PHRI Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Peluang Perhotelan Lebih Maju

"Sehingga bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah dari sektor pariwisata," harapnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #ollon