Kamis, 24 Agustus 2023 08:15

Gubernur Andi Sudirman Resmikan Jembatan Andalan Pacongkang, Pelengkung Rangka Baja Terpanjang di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng, Rabu (23/8/2023). Jembatan ini memiliki pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel. (Foto: Pemprov Sulsel)
Peresmian Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng, Rabu (23/8/2023). Jembatan ini memiliki pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel. (Foto: Pemprov Sulsel)

Gubernur Andi Sudirman meresmikan Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng, yang memiliki pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel dengan panjang bentangan 180 meter dan lebar 7 meter. Jembatan ini menggantikan jembatan gantung kayu yang sudah berusia 30 tahun.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng, Rabu (23/8/2023). Jembatan ini memiliki pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel.

"Alhamdulillah, meresmikan jembatan pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel, Jembatan Andalan Pacongkang," kata Andi Sudirman.

Jembatan ini memiliki panjang bentangan pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri dan kanan masing-masing 25 meter atau total bentang sepanjang 180 meter, lebar 7 meter, serta dukungan trotoar kiri dan kanan masing-masing 1 meter.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Penjabat Gubernur Sulsel Serahkan 4.100 Bibit Pohon dan 2.341 SK PPPK

"Jembatan ini dibangun dengan anggaran Rp75 miliar APBD provinsi. Murni di luar anggaran bangunan pendukung lainnya," ungkap Andi Sudirman.

Jembatan Andalan Pacongkang menggantikan jembatan gantung kayu di lokasi sama yang sudah dibangun sejak 30 tahun lalu atau tepatnya pada 1993.

"Telah rampung dan bisa dinikmati manfaatnya untuk masyarakat dari Soppeng," sebut Andi Sudirman.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Jembatan Andalan Pacongkang