Rabu, 23 Agustus 2023 15:59

Cara Mudah Mengembalikan Chat yang Terhapus di WhatsApp

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Logo WhatsApp (foto: Wikipedia)
Logo WhatsApp (foto: Wikipedia)

Sebetulnya cara ini akan sangat mudah dilakukan ketika Anda download GB Whatsapp Pro apk yakni aplikasi versi lain dari Whatsapp.

RAKYATKU.COM -- WhatsApp telah menjadi bagian penting dalam komunikasi sehari-hari kita, menyimpan banyak percakapan berharga dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

Namun, terkadang tanpa sengaja, pesan atau bahkan seluruh percakapan dapat terhapus. Saat itu juga mungkin kita akan kesal, karena chat tersebut masih sangat penting entah saat itu atau di kemudian hari.

 

Sebetulnya cara ini akan sangat mudah dilakukan ketika Anda download GB Whatsapp Pro apk yakni aplikasi versi lain dari Whatsapp.

Akan tetapi anda juga bisa ikuti panduan kami sesuai langkah-langkah untuk mengembalikan chat yang terhapus di WhatsApp berikut.

1. Memeriksa Cadangan Otomatis

Seperti diulas bemfkgunair.id bahwa WhatsApp secara otomatis mencadangkan percakapan Anda setiap hari. Langkah pertama adalah memeriksa apakah percakapan yang Anda cari telah dicadangkan sebelum dihapus. Ikuti langkah berikut:

Buka WhatsApp.

Pergi ke "Pengaturan" (Settings) > "Chat" > "Cadangan Chat" (Chat Backup).

Di sini Anda dapat melihat tanggal dan waktu cadangan terakhir. Jika tanggal cadangan sesuai dengan percakapan yang ingin Anda pulihkan, langkah selanjutnya adalah menghapus dan menginstal kembali WhatsApp.

Setelah menginstal ulang, saat membuka WhatsApp, Anda akan diberi opsi untuk mengembalikan percakapan dari cadangan yang tersedia.

2. Menggunakan Cadangan Google

Drive (Android) atau iCloud (iPhone)

Jika Anda menggunakan Android, WhatsApp mencadangkan chat ke Google Drive. Jika Anda menggunakan iPhone, cadangan dilakukan di iCloud. Berikut langkah-langkahnya:

Buka WhatsApp.

Pergi ke "Pengaturan" (Settings) > "Chat" > "Cadangan Chat" (Chat Backup).

Pastikan akun Google (untuk Android) atau akun iCloud (untuk iPhone) yang benar terhubung.

Setelah menginstal ulang WhatsApp, WhatsApp akan mencari cadangan dan memberi tahu Anda jika ada cadangan yang tersedia untuk di-restore.

3. Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Beberapa aplikasi ini dapat mengekstrak data dari cadangan dan memungkinkan Anda untuk melihat kembali chat yang terhapus. Namun, penggunaan aplikasi semacam ini harus dilakukan dengan hati-hati karena ada risiko keamanan dan privasi.

Catatan Penting:

Pastikan Anda memiliki cadangan yang cukup terbaru untuk mengembalikan chat.

Saat menginstal ulang WhatsApp, pastikan Anda menggunakan nomor telepon yang sama yang terhubung dengan chat yang ingin Anda pulihkan.

Perlu diingat bahwa mengembalikan cadangan mungkin juga mengembalikan chat yang lebih lama dan menghapus chat yang lebih baru.

Dalam situasi apapun, sangat disarankan untuk melakukan cadangan secara teratur dan menjaga data penting Anda tetap aman. Dengan langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan chat yang telah terhapus di WhatsApp dan melanjutkan percakapan berharga Anda. (*)