Kamis, 10 Agustus 2023 10:48

IQAir: Jakarta Kota Paling Tercemar di Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Rifkianto Nugroho.Detik.com)
Ilustrasi. (Foto: Rifkianto Nugroho.Detik.com)

Meskipun bukan nomor satu tiap hari dalam daftar kota paling tercemar IQair, grafik kualitas udara secara historis menunjukkan Jakarta konsisten berada di 10 teratas.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Jakarta menempati urutan teratas sebagai kota paling tercemar di dunia, Rabu (9/8/2023), setelah secara konsisten berada di jajaran 10 kota paling tercemar secara global sejak Mei 2023, menurut data perusahaan teknologi kualitas udara Swiss, IQAir.

Jakarta, yang berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa, mencatat tingkat polusi udara yang tidak sehat hampir tiap hari, menurut IQAir. Meskipun bukan nomor satu tiap hari dalam daftar kota paling tercemar IQair, grafik kualitas udara secara historis menunjukkan kota ini konsisten berada di 10 teratas.

Penduduk Jakarta telah lama mengeluhkan udara beracun dari lalu lintas, asap industri, dan pembangkit listrik tenaga batu bara. Beberapa bahkan mengajukan dan memenangkan gugatan perdata pada 2021 menuntut pemerintah mengambil tindakan untuk mengendalikan polusi udara.

Baca Juga : Kubah Masjid Jakarta Islamic Centre Terbakar

Pengadilan pada saat itu memutuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menetapkan standar kualitas udara nasional untuk melindungi kesehatan manusia, sementara Menteri Kesehatan dan Gubernur Jakarta harus menyusun strategi untuk mengendalikan polusi udara.

Meski demikian, Nathan Roestandy, salah satu pendiri aplikasi kualitas udara Nafas Indonesia, mengatakan tingkat polusi terus memburuk.

Sumber: Reuters, VOA Indonesia

#Jakarta #Kota Paling Tercemar #IQAir