Selasa, 08 Agustus 2023 11:28

Bupati Enrekang Dukung Perubahan Status IAIN Parepare Jadi UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (kedua kiri), saat menerima kunjungan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Hannani (kedua kanan), di rumah jabatan Bupati Enrekang, Senin (7/8/2023).
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (kedua kiri), saat menerima kunjungan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Hannani (kedua kanan), di rumah jabatan Bupati Enrekang, Senin (7/8/2023).

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, mendukung perubahan status IAIN Parepare menjadi UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle yang mengakui manfaat positif untuk wilayah dan pendidikan. Sementara Rektor IAIN Parepare, Hannani, merasa senang dengan dukungan dan perhatian Bupati Enrekang terhadap sektor pendidikan.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang, Muslimin Bando, mendukung rencana perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle.

Muslimin menyampaikan itu saat menerima kunjungan Rektor IAIN Parepare, Hannani, di rumah jabatan Bupati Enrekang, Senin (7/8/2023).

"Secara pribadi dan selaku bupati kami sangat mendukung IAIN menjadi UIN. Perubahan status ini tentu akan membawa banyak manfaat positif, termasuk bagi Kabupaten Enrekang," kata Muslimin.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Muslimin mengatakan IAIN Parepare selama ini menjadi salah satu perguruan tinggi favorit masyarakat Enrekang. Dengan terwujudnya UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle, kata dia, menambah kualitas dan pilihan program studi (prodi) yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Rektor IAIN Parepare, Hannani, menyambut gembira dukungan Bupati Enrekang. Menurutnya, Muslimin sebagai kepala daerah selalu menunjukkan perhatian besar terhadap sektor pendidikan.

"Alhamdulillah kami senang sekali dengan antusiasme Bapak Bupati. Beliau selalu sepenuh hati men-support kami," katanya.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Parepare ini menjelaskan dengan alih status dari institut menjadi universitas, maka akan ada penambahan fakultas dan prodi.

Perubahan itu, yakni pada Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu Prodi Teknologi Informasi dan Prodi Sains Data. Kemudian, Fakultas Seni dan Desain, yaitu Prodi Desain Komunikasi Visual serta Prodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam. Selanjutnya, Prodi Bisnis Digital pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Program Doktor (S3).

Sekadar informasi, Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle merupakan ulama besar yang berjasa besar terhadap penyebaran siar dan pendidikan Islam di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #muslimin bando #IAIN Parepare