Senin, 07 Agustus 2023 14:34

Jeneponto Bertekad Raih Swasti Saba Wistara Keempat

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jeneponto Bertekad Raih Swasti Saba Wistara Keempat

Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu kabupaten yang diverifikasi lanjutan oleh Tim Verifikasi KKS Pusat dari 173 kabupaten/kota yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada Senin (7/8/2023).

RAKYATKU.COM - Dalam rangka pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tingkat nasional Tahun 2023, Tim Verifikasi KKS Pusat telah melakukan verifikasi dokumen terhadap kabupaten Jeneponto yang mengikuti verifikasi KKS Tingkat Nasional Tahun 2023.

Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu kabupaten yang diverifikasi lanjutan oleh Tim Verifikasi KKS Pusat dari 173 kabupaten/kota yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada Senin (7/8/2023).

Dalam kegiatan verifikasi lanjutan yang dilaksanakan di Ruang Kalabbirang, Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, menyampaikan paparan tentang berbagai keberhasilan Penyelenggaraan Kabupaten /Kota Sehat di Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Bupati menyampaikan bahwa Jeneponto mengikuti kegiatan penilaian ini sejak tahun 2011.

"Tahun 2013 meraih predikat Swasti Saba Padapa, tahun 2015 meraih Swasti Saba Wiwirda dan tahun 2017, 2019 dan 2021 meraih predikat tertinggi yakni Swasta Saba Wistara. Dan semoga predikat tersebut dapat dipertahankan tahun ini," jelasnya.

Dipresentasikan pula berbagai program kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai tatanan atau indikator kabupaten/kota sehat yang terdiri dari 9 tatanan seperti tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, tatanan pasar, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial dan tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Berdasarkan paparan tersebut, Tim Verifikasi KKS Pusat, menyimpulkan bahwa Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Jeneponto telah berjalan dengan baik, dan berharap berbagai progres dan prestasi yang telah dicapai untuk dikirimkan sebagai dokumen tambahan dalam waktu 2 x 24 jam setelah pelaksanaan verifikasi lanjutan ini.

Menutup rangkaian acara, Bupati menyampaikan pantun; "Jeneponto banyak Pohon kelor. Tumbuh subur bersama pohon delima. Yang terhormat Tim verifikator. Swasti Saba Stara ke empat siap kami terima".

Turut hadir dalam kegiatan ini mendampingi Bupati adalah Kepala Bappeda, Kadinkes, dan sejumlah Kepala OPD terkait, Tim Pembina Kabupaten Sehat serta Ketua dan anggota Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Jeneponto. (*)

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #iksan iskandar #Swasti Saba Wistara