Senin, 07 Agustus 2023 11:04

Warga Pulau Barrang Caddi Keluhkan Dermaga dan Pemecah Ombak ke Ketua DPRD Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, menggelar reses ketiga masa persidangan ketiga 2022/2023 di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Sabtu (5/8/2023).
Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, menggelar reses ketiga masa persidangan ketiga 2022/2023 di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Sabtu (5/8/2023).

Warga Pulau Barrang Caddi mengeluhkan kondisi dermaga yang rusak parah dan kekurangan tanggul pemecah ombak. Mereka berharap perhatian serius dari Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, untuk segera melakukan perbaikan agar keselamatan dan kesejahteraan warga pulau dapat terjamin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, menggelar reses ketiga masa persidangan ketiga 2022/2023 di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Sabtu (5/8/2023).

Kunjungannya ke Pulau Barrang Caddi disambut baik warga setempat, yang berharap adanya perhatian serius terhadap fasilitas penting di pulau mereka.

Suardi, salah satu warga Pulau Barrang Caddi, menyampaikan dua hal yang mendesak perbaikan kepada Rudianto, yaitu dermaga yang rusak parah dan pemecah ombak.

Baca Juga : Sekwan Makassar Salurkan Dana Hibah Pemkot di Masjid Besar Al Amin

Menurutnya, kondisi dermaga saat ini sangat memprihatinkan dengan atap yang rusak dan tiang-tiang yang tidak berfungsi dengan baik, mengancam keselamatan warga dan tamu yang datang berkunjung.

"Ini dermaga sifatnya mendesak, Pak. Semoga kami warga Pulau Barrang Caddi dapat dibantu dengan dilakukan perbaikan oleh Pemkot Makassar tahun ini. Sebab, jika dilakukan pada tahun depan, maka saya yakin kondisi kerusakannya semakin parah," keluh Suardi.

Selain itu, masalah kedua yang harus segera ditangani adalah kekurangan tanggul pemecah ombak. Saat musim angin kencang, ombak yang tinggi telah merusak rumah-rumah warga di pulau tersebut. Suardi berharap kunjungan Rudianto ke pulau mereka membawa perubahan nyata.

Baca Juga : Rudianto Lallo Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum, Berlaku untuk Kasus Pidana

Menanggapi keluhan warga, Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, mengaku telah mengusulkan pembangunan dan perbaikan dermaga di Kelurahan Barrang Caddi. Namun, kendala muncul dari Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar yang enggan membelanjakan anggaran dengan alasan regulasi yang seolah menghalangi pembangunan dermaga di laut.

"(Mereka) tidak paham regulasi, masa untuk membangun dermaga harus ada hak milik, padahal itu jelas-jelas laut, siapa yang mau sertifikatkan laut? Lagi pula dermaga ini bukan untuk siapa? Ini untuk masyarakat. Saya heran seakan-akan menghalangi pembangunan dermaga," ungkap politisi Partai NasDem itu.

Rudianto mengingatkan pentingnya pelayanan kepada rakyat, terutama di pulau-pulau terpencil, seperti Barrang Caddi. Menurutnya, dermaga yang baik dan aman adalah akses penting bagi masyarakat pulau dan perahu-perahu mereka.

Baca Juga : DPRD Makassar Sampaikan Dukungan Pada HUT Satpol PP dan Satlinmas

Meskipun menghadapi tantangan, Rudianto berjanji untuk terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Sangkarrang, khususnya Pulau Barrang Caddi. "Apa pun itu saya akan lakukan jika untuk rakyat," serunya.

#DPRD Kota Makassar #Rudianto Lallo