Jumat, 04 Agustus 2023 22:09

Gunakan Mandiri Benih Andalan, Produksi Padi Desa Tanete Maros Tembus 8,8 Ton per Hektare

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kiri), saat melakukan penanaman sekaligus panen padi di Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Kamis (3/8/2023).
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kiri), saat melakukan penanaman sekaligus panen padi di Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Kamis (3/8/2023).

Program Mandiri Benih Andalan memberikan dampak positif pada petani di Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam dua tahun terakhir, para petani telah mencapai hasil produksi padi 8,8 ton per hektare, meningkat dari sebelumnya hanya 6 ton per hektare, dengan tanaman padi yang lebih tahan hama dan minim penggunaan pupuk pestisida.

RAKYATKU.COM, MAROS - Petani di Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, bersyukur dengan adanya bantuan Mandiri Benih Andalan. Berkat benih bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) tersebut, produksi padi mereka meningkat.

Kepala Desa Tanete, Takbir, mengungkapkan sudah dua tahun para petani di desanya menggunakan Mandiri Benih Andalan. "Alhamdulillah, benih Andalan ini bisa meningkatkan produktivitas para petani di sini," kata Takbir.

Takbir mengungkapkan itu saat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melakukan penanaman sekaligus panen padi di Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Takbir mengungkapkan, biasanya para petani hanya mendapatkan maksimal 6 ton per hektare. Akan tetapi, sejak menggunakan Mandiri Benih Andalan, produktivitasnya mencapai 8,8 ton per hektare.

Tidak hanya itu, tanaman padi juga tahan hama dan tidak perlu menggunakan banyak pupuk pestisida.

"Tanaman lebih kokoh, tahan hama, produksinya meningkat. Mandiri Benih Andalan ini hasilnya luar biasa. Benihnya unggul," terangnya.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan Mandiri Benih Andalan ini mengajarkan para petani agar tidak lagi menanam padi dengan metode menghambur, tetapi tanam pindah. Menggunakan benih ini, tidak terlalu repot dalam pemeliharaannya.

"Alhamdulillah, para petani menyampaikan jika produksinya meningkat dengan menggunakan Mandiri Benih Andalan," kata Andi Sudirman.

Penanaman sekaligus panen padi di Desa Tanete, turut dihadiri Bupati Maros, Chaidir Syam, dan Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Mandiri Benih Andalan