Jumat, 04 Agustus 2023 14:46

Presiden Jokowi Tegaskan Pemilihan Penjabat Kepala Daerah Akuntabel dan Transparan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Jokowi menegaskan pemilihan penjabat kepala daerah telah dilakukan dengan proses yang akuntabel dan transparan, dengan masukan nama-nama dari daerah yang diajukan ke Kemendagri sebelum akhirnya diputuskan melalui tim penilai akhir.

 

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemilihan penjabat kepala daerah telah melalui proses yang akuntabel dan transparan.

Seperti usulan nama, Jokowi menyebut masukan nama berasal dari daerah untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

“Apanya yang enggak akuntabel, apanya yang enggak transparan? Wong masukannya dari bawah semua, kan dari daerah. Dari daerah ya kan, ke Kemendagri terus baru naik ke kita di TPA (tim penilai akhir), semuanya terbuka," ujar Jokowi menjawab pertanyaan wartawan, usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023).

Terkait Penjabat Gubernur Jawa Barat, Jokowi mengatakan bahwa DPRD Jawa Barat telah mengusulkan tiga nama untuk mengisi jabatan tersebut. Namun, ia mengaku belum menerima daftar ketiga nama tersebut.

"Iya, sudah ada, tapi belum sampai ke saya. Namanya saya belum tahu, yang jelas tiga. Yang jelas tiga, biasanya dari DPRD, dari bawah tiga," lanjutnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, serta beberapa kepala daerah lainnya di Indonesia akan selesai pada September 2023. Selanjutnya, jabatan mereka diisi penjabat gubernur hingga pemilihan kepala daerah pada 2024 mendatang.

#Joko Widodo #penjabat kepala daerah