Rabu, 02 Agustus 2023 09:37

Zikir dan Doa Kebangsaan, Presiden Jokowi Ajak Rawat Kerukunan Bangsa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengikuti Zikir dan Doa Kebangsaan dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta. Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk merawat kerukunan dan persatuan bangsa serta membangun optimisme untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) mengikuti Zikir dan Doa Kebangsaan 78 Tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/8/2023). Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.

"Marilah kita terus merawat kerukunan kita, merawat toleransi kita, sikap saling menghargai, sikap saling menolong agar bangsa ini dapat menjadi bangsa yang bersatu, bangsa yang maju, bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, kerukunan dan sifat gotong royong yang dimiliki bangsa Indonesia mampu membawa Indonesia mengatasi berbagai tantangan, seperti pandemi Covid-19.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

“Tentu saja tidak lepas dari ketangguhan, kesabaran, tawakal kita bersama dalam menghadapi berbagai tantangan. Dan di mana akar dari semua itu adalah kepercayaan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Kita berserah diri dan juga berikhtiar,” katanya.

Jokowi pun menyinggung hasil survei lembaga internasional yang menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mencapai 96 persen.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para kiai, kepada para ulama, kepada para tokoh agama, kepada tokoh masyarakat, kepada guru-guru kita, kepada orang tua-orang tua kita, dan seluruh komponen bangsa yang secara konsisten dan tidak kenal lelah terus mengenalkan, terus mengajarkan, terus membimbing kepada anak-anak kita generasi penerus bangsa tentang kepercayaan kepada Tuhan, tentang kepercayaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala,” tuturnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Jokowi juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mewujudkan kehidupan beragama yang baik di tanah air.

“Pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan beragama yang baik, yang nyaman, toleran dan kondusif sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945,” ucapya.

Dalam acara yang menjadi pembuka rangkaian bulan kemerdekaan memperingati HUT RI ke-78 ini, Jokowi juga tak lupa membangun optimisme bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan kerja keras, dengan optimisme untuk mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045,” serunya.

#Joko Widodo #HUT RI Ke-78