Senin, 31 Juli 2023 09:59

Tampilkan Dangke dan Pulu Mandoti, TP PKK Enrekang Juara Harapan Satu Inovasi Produk HKG Ke-51

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
TP PKK Enrekang meraih juara harapan satu lomba pameran kategori Inovasi Produk Terbaik HKG ke-51 PKK Sulsel di Mal Panakkukang, Kota Makassar, 28-30 Juli 2023.
TP PKK Enrekang meraih juara harapan satu lomba pameran kategori Inovasi Produk Terbaik HKG ke-51 PKK Sulsel di Mal Panakkukang, Kota Makassar, 28-30 Juli 2023.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Enrekang meraih juara harapan satu dalam lomba pameran kategori Inovasi Produk Terbaik pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51 PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Prestasi ini didapatkan melalui produk olahan khas Massenrempulu, seperti dangke, pulu mandoti, dan kerajinan anyaman bambu dari rumah Dilan Desa Bontongan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Enrekang mengukir prestasi juara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51 PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kali ini TP PKK Enrekang meraih juara harapan satu dalam lomba pameran kategori Inovasi Produk Terbaik. Lomba diselenggarakan di Mal Panakkukang, Kota Makassar, 28-30 Juli 2023.

TP PKK Enrekang menampilkan produk olahan khas Massenrempulu. Ada dangke dan olahan turunannya, seperti kerupuk dangke, stik kelor, stik wortel, dan kerupuk pedas manis. Tidak ketinggalan pulu mandoti dan deppa tetekan.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

TP PKK Enrekang juga menampilkan kerajinan anyaman bambu hasil kreativitas rumah Dilan Desa Bontongan, yang produksinya dilakukan lansia dan remaja desa.

Total, TP PKK Enrekang mengumpulkan enam juara/penghargaan dalam rangkaian HKG ke-51.

Sebelumnya, TP-PKK Enrekang meraih penghargaan Penggerak Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Sulsel Pascapandemi untuk Ketua TP PKK Enrekang, Johra.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Kemudian, juara dua lomba 10 program pokok PKK, dalam hal ini pemanfaatan lahan pekarangan, yang diwakili Desa Singki, Kecamatan Anggeraja.

Ketiga, juara harapan tiga lomba pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI) yang diwakili Desa Parinding, Kecamatan Baraka.

Lalu, juara satu pada Festival Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Sulsel serta juara dua Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) yang dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

"Seluruh prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi TP PKK Enrekang, berkat bimbingan Bapak Bupati (Muslimin Bando), dan Ibu Ketua TP-PKK, Johra," kata Halifah Bando yang mewakili TP PKK Enrekang menerima penghargaan.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota dan kader TP PKK Enrekang yang telah berkontribusi maksimal dalam prestasi ini. Menurutnya, PKK sudah langganan juara dan selalu diandalkan dalam pelbagai event.

"TP PKK Enrekang memang sudah banyak memberikan sumbangsih luar biasa untuk masyarakat Enrekang lewat program-program dan inovasinya. Khususnya dalam membimbing keluarga, gizi dan percepatan penurunan stunting," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Enrekang Apresiasi Swadaya Warga Perbaikan Jalan Provinsi Poros Kotu-Masalle

HKG adalah ajang yang diadakan untuk merayakan semangat kebersamaan dan kolaborasi antar-TP PKK di 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Puncak acara dihadiri langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dan Ketua TP PKK Sulsel, Naoemi Octarina.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #TP PKK Enrekang #muslimin bando