Rabu, 19 Juli 2023 08:02

PKK Gowa Siap Ramaikan Festival B2SA dan Lomba LMSI Sulsel

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Priska Paramita Adnan
Priska Paramita Adnan

Peserta yang dipilih dari dua kecamatan yang diwakili Ketua TP PKK kecamatan dan juga satu orang TP PKK desa/kelurahannya.

GOWA --- Jelang kegiatan Festival Lomba Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa menggelar Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan di Rumah Jabatan Bupati Gowa, Selasa (18/7).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyebut TP PKK Gowa siap turut serta dan meramaikan Lomba Festival Menu B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan seluruh peserta yang dipilihnya yakni dari dua kecamatan yang diwakili Ketua TP PKK kecamatan dan juga satu orang TP PKK desa/kelurahannya.

"Kabupaten Gowa turut serta dalam Lomba Festival Menu B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan yang kami untuk live cooking nanti Ketua TP PKK Bajeng dan Lurah Limbung. Sementara dari Somba Opu dipilih Lurah Bonto-Bontoa dan Kalegowa," kata istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Baca Juga : Bupati Gowa: Keberlanjutan Program Pendidikan Makin Tingkatkan SDM Unggul

Priska juga menyebut melalui festival ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi gizi yang seimbang di samping pula untuk memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

Sementara tujuan diselenggarakannya Festival Lomba B2SA ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

"Ini untuk memanfaatkan bahan lokal yang ada di setiap wilayah, selain itu dengan kegiatan ini juga dapat tercipta menu-menu baru dalam upaya penanganan penurunan stunting," tuturnya.

Baca Juga : Adnan Purichta Harap Kafilah MTQ Gowa Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Sementara itu, Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Gowa, Ina Mundoap menyampaikan, tujuan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini bertujuan menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak, kemudian meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan.

"Lewat lomba ini kita bisa memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas kemudian mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,

dan meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan lokal," jelas Ina.

Baca Juga : Gowa Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Pertama Tingkat Sulsel Tahun 2024

Ina berharap, dengan mengikuti kegiatan Festival Lomba B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan ini dapat menekan angka stunting yang ada di Kabupaten Gowa dan untuk menciptakan kreativitas menu makanan yang berbahan lokal pada masyarakat.

"Kita harapkan kegiatan ini bisa hadirkan kreasi menu-menu baru dari bahan lokal dan tentu saja sebagai upaya kita menekan angka stunting khususnya di Kabupaten Gowa," pungkasnya.

#Pemkab Gowa #PKK Gowa