Senin, 17 Juli 2023 08:10

Presiden Jokowi Rombak Kabinet: Budi Arie Jadi Menkominfo, Sejumlah Wakil Menteri Dilantik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi merombak kabinetnya dengan melantik Budi Arie sebagai Menkominfo menggantikan Johnny G. Plate yang terjerat dalam kasus korupsi BTS. Selain itu, mengangkat lima wakil menteri baru, yakni Nezar Patria, Paiman Raharjo, Pahala Mansury, Rosan Roeslani, dan Saiful Rahmat Dasuki.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merombak kabinetnya. Hari ini, Senin (17/7/2023), satu menteri dan sejumlah wakil menteri akan diambil sumpah jabatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi akan melantik Budi Arie sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G. Plate yang sebelumnya terjerat dalam kasus korupsi BTS.

Selain itu, terdapat lima pejabat yang dikabarkan akan diangkat menjadi wakil menteri. Nezar Patria akan menjabat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Paiman Raharjo akan menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Kemudian, Pahala Mansury akan dipindahkan dari jabatan Wakil Menteri BUMN ke Wakil Menteri Luar Negeri, sedangkan Rosan Roeslani akan menjadi Wakil Menteri BUMN. Posisi Wakil Menteri Agama juga bakal berganti dari Zainut Tauhid Sa'adi ke Saiful Rahmat Dasuki.

Dua orang lainnya yang disebut akan diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) adalah Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, mengonfirmasi informasi mengenai pelantikan Menkominfo serta sejumlah wakil menteri. Ia memberikan petunjuk mengenai identitas menteri yang akan diambil sumpah jabatan.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

"Kabarnya orangnya hadir di acara KIB," kata Meutya, Ahad (16/7/2023).

Pihak Istana juga mengonfirmasi pelantikan sejumlah pejabat baru, tetapi belum mengumumkan nama-nama yang akan diambil sumpah jabatan. Istana meminta semua pihak untuk bersabar menunggu hingga acara pelantikan berlangsung.

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi, untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Ahad (16/7/2023).

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

Sumber: Detik.com

#rombak kabinet #Joko Widodo #Budi Arie