Sabtu, 08 Juli 2023 09:05

Bupati Luwu Utara Raih Tanda Kehormatan Tertinggi Satyalencana Wira Karya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kanan), saat menerima tanda kehormatan tertinggi Satyalencana Wira Karya 2023 dari Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Kamis (6/7/2023).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kanan), saat menerima tanda kehormatan tertinggi Satyalencana Wira Karya 2023 dari Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Kamis (6/7/2023).

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meraih penghargaan Satyalencana Wira Karya 2023 yang merupakan tanda kehormatan tertinggi dalam bidang pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana), diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan.

RAKYATKU.COM, BANYUASIN - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meraih tanda kehormatan tertinggi Satyalencana Wira Karya 2023.

Penghargaan tertinggi bidang pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) itu diserahkan Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Kamis (6/7/2023).

"Penghargaan Satyelancana Wira Karya ini diraih perjalanannya cukup panjang karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Termasuk penghargaan sebelumnya pada tahun 2019, saya mendapat Manggala Karya Kencana," kata Indah.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

"Oleh karena itu sekali lagi mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi bagi saya, juga bagi instansi pemerintah daerah secara keseluruhan dalam terus melakukan upaya pembangunan keluarga berkualitas khususnya di Kabupaten Luwu Utara," tutur bupati yang karib disapa IDP ini.

Pada kesempatan tersebut, Indah juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mengambil bagian dalam pembangunan keluarga berkualitas.

"Terima kasih kepada teman-teman penyuluh KB, Dinas P3AP2KB dan BKKBN Perwakilan Provinsi Sulsel yang telah melakukan pelbagai upaya dalam pembangunan keluarga berkualitas khususnya di Kabupaten Luwu Utara," ucap istri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, ini.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Diketahui, tanda kehormatan Satyelancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada kepala daerah yang berjasa kepada negara serta menjadi teladan bagi orang lain, khususnya dalam meningkatkan pembangunan keluarga bangga kencana serta inovasi-inovasi percepatan penurunan stunting.

Di Luwu Utara sendiri, ibu dari dua anak ini menyebutkan, strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara dalam mendukung program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di antaranya adalah penguatan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian penduduk, penguatan kapasitas fasilitas kesehatan, penguatan kemitraan, serta peningkatan jangkauan pelayanan keluarga dan kesehatan reproduksi di wilayah khusus.

Tak kalah pentingnya, kehadiran pelbagai inovasi dalam upaya pencegahan stunting serta percepatan penurunan prevalensi stunting.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Beberapa inovasi yang selama ini dinilai efektif mencegah stunting di antaranya Getar Dilan, Kejar Stunting, Kapsul Indah, dan Giat Ki Ces. Sementara, inovasi pendukung program Bangga Kencana, seperti ANC Hipnoterapi, Hypnogreen, Si Dora Eman, dan Kedai Bumil.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani #Satyalencana Wira Karya