Rabu, 05 Juli 2023 17:54

PSU Arsinum Pemprov Sulsel Bantu Masyarakat Pulau Karumpa Selayar Nikmati Air Bersih

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masyarakat Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, kini merasakan manfaat hadirnya teknologi air siap minum (arsinum).
Masyarakat Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, kini merasakan manfaat hadirnya teknologi air siap minum (arsinum).

Teknologi arsinum telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Pulau Karumpa di Kepulauan Selayar karena menyediakan air bersih yang aman dan sehat untuk 360 rumah atau sekitar 400 kepala keluarga di pulau terjauh tersebut.

RAKYATKU.COM, KEPULAUAN SELAYAR - Masyarakat Pulau Karumpa di Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, telah merasakan manfaat hadirnya teknologi air siap minum (arsinum).

Hadirnya penyediaan prasarana, sarana, serta utilitas (PSU) arsinum menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Untuk 2023 ini, Pemprov Sulsel menghadirkan 11 unit PSU arsinum. Empat di antaranya di Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate; dan Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Kepala Desa Karumpa, Karmili, menyampaikan masyarakat Pulau Karumpa merasa bersyukur atas perhatian dan kepedulian Gubernur Andi Sudirman dengan hadirnya bantuan arsinum ini.

"Alhamdulillah sekali, masyarakat sangat terbantu dengan adanya program Bapak Gubernur, teknologi arsinum. Mewakili warga saya kami menyampaikan terima kasih setinggi tingginya atas program ini dan akan kami rawat dan manfaatkan semaksimal mungkin untuk sebesar besarnya kepentingan warga,” tuturnya, Rabu (5/7/2023).

Desa Karumpa, kata dia, merupakan pulau yang terjauh dari ibu kota Kepulauan Selayar.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

“Sebelumnya (ada arsinum) warga mengambil air tawar di pulau sebelah, sekarang sudah disiapkan oleh program arsinum dari Bapak Gubernur. Kami sangat terbantu,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, teknologi arsinum yang menjadi program Pemprov Sulsel ini bisa mengaver sebanyak 360 rumah atau sekitar 400 kepala keluarga (KK) di Pulau Karumpa.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan kesyukurannya masyarakat setempat telah bisa menikmati manfaat program arsinum. "Alhamdulillah, kita turut bersyukur masyarakat Pulau Karumpa di Selayar telah merasakan manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat dengan hadirnya teknologi arsinum. Pulau ini terjauh dari ibu kota Selayar," katanya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Pria yang akrab disapa Gubernur Andalan ini menuturkan sasaran pembangunan PSU arsinun untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

Diketahui, dalam menghadirkan PSU arsinum ini, Pemprov Sulsel bekerja sama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Teknologi arsinum merupakan jawaban atas kebutuhan air siap minum untuk masyarakat. Teknologi arsinum yang akan dipasangkan merupakan produk inovasi yang telah teruji dengan menggunakan serangkaian teknologi proses dan telah memenuhi standar air minum yang aman berdasarkan hasil uji laboratorium.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman