Sabtu, 01 Juli 2023 10:26

50 Persen Jemaah Haji Indonesia Diberangkatkan pada Nafar Awal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Keberangkatan jemaah haji Indonesia nafar awal dari Mina ke Makkah. (Foto: Kementerian Agama)
Keberangkatan jemaah haji Indonesia nafar awal dari Mina ke Makkah. (Foto: Kementerian Agama)

Lima puluh persen jemaah haji Indonesia diberangkatkan pada nafar awal, dengan 25 persen diberangkatkan pada jadwal pagi dan sisanya pada jadwal siang. Proses pemberangkatan dilakukan dengan menyiapkan lima bus per maktab. Jadwal keberangkatan nafar tsani menyusul.

RAKYATKU.COM, MINA - Jemaah haji Indonesia yang mengambil nafar awal (meninggalkan Mina 12 Zulhijah) mulai diberangkatkan menuju Makkah. Mereka akan melanjutkan prosesi tahapan haji berikutnya, tawaf ifadah.

Pemberangkatan dilakukan dalam dua waktu. Jadwal pagi berlangsung dari pukul 05.00-09.00 waktu Arab Saudi (WAS). Jadwal berikutnya pukul 13.00 sampai 16.00 WAS.

Kepala Satuan Operasi Armina, Harun Al Arsyid, menjelaskan lebih kurang ada 50 persen jemaah yang diberangkatkan pada nafar awal. Rinciannya, 25 persen jemaah diberangkatkan pagi dan sisanya pada siang hari.

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

"Panitia menyiapkan lima bus per maktab. Jemaah akan diberangkatkan sesuai jadwal," kata Harun di Mina, Jumat (30/6/2023).

Bus akan diparkir di depan pintu masuk tiap maktab. Dengan begitu, jemaah lebih mudah untuk mengaksesnya. Harun meminta para ketua kloter untuk mengarahkan jemaah menuju pintu maktab yang dituju.

"Harus sesuai jadwal karena apabila tidak sesuai pihak masyariq tidak akan mengangkut," kata dia.

Baca Juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H 9 April 2024

Sejak jam 05.00 WAS, jemaah yang diberangkatkan pagi sudah menunggu di depan maktab. Petugas juga siaga mengatur jemaah masuk ke dalam bus sesuai maktab. Proses pengangkutan jemaah berjalan tertib.

Terkait jadwal keberangkatan nafar tsani ke Makkah pada 13 Zulhijah, Harun mengatakan bahwa itu akan segera disosialisasikan. "Nanti akan diumumkan," katanya.

#Haji 2023 #kementerian agama