Kamis, 29 Juni 2023 22:17

Salat ID di Masjid Syuhada, Bupati Luwu Utara: Pengorbanan yang Tulus Tidak Akan Sia-sia

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salat ID di Masjid Syuhada, Bupati Luwu Utara: Pengorbanan yang Tulus Tidak Akan Sia-sia

Memaknai iduladha, Indah menyebut ada dua peristiwa yang tidak bisa dipisahkan, yaitu qurban dan haji.

RAKYATKU.COM -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melaksanakan salat iduladha di Masjid Syuhada Masamba bersama masyarakat, Kamis (29/6/2023).

Indah hadir bersama suami yang juga Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi. Hadir juga Wakil Bupati, Suaib Mansur, Sekda, Armiadi, beberapa pimpinan perangkat daerah beserta jajaran.

Memaknai iduladha, Indah menyebut ada dua peristiwa yang tidak bisa dipisahkan, yaitu qurban dan haji.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Pada pelaksanaan penyembelihan hewan qurban hendaknya dilaksanakan sesuai tuntunan syariat yakni satu ekor kambing untuk 1 keluarga atau 1 ekor sapi/ kerbau untuk 7 orang keluarga. Paling penting juga untuk memastikan hewan qurban bebas dari PMK (Penyakit Mulut dan Kuku)," kata Indah mengawali sambutannya.

Qurban, lanjut Indah, memiliki kisah panjang yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS bersama Nabi Ismail AS.

"Salah satu makna dari perstiwa ini adalah sebuah perintah untuk rela berkoban, taat kepada perintah Allah dan kesetiaan yang tulus. Oleh karena itu semangat untuk rela berkorban hendaknya menjadi pemicu bagi kita warga Luwu Utara yang beberapa tahun belakangan ini dilanda bencana untuk bangkit dan mau membantu sesama manusia yang dilandasi semangat persaudaraan. Sebab pengorbanan yang tulus tidak akan pernah sia-sia," tutur Indah yang pada iduladha kali ini berqurban 7 ekor sapi.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Mari kita bangun kebersamaan dan kerjasama, baik terhadap sesama warga tanpa memandang latar belakang suku, agama, golongan, maupun status sosial lainnya. Kita bahu membahu agar tercipta kondisi yang semakin baik dengan mengedepankan saling menghargai, saling menghormati, saling menyayangi, sebagaimana nilai yang terkandung dalam hakikat iduladha ini, sehingga diharapkan tercipta kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat," pinta orang nomor satu di Luwu Utara ini.

Bupati yang karib disapa IDP ini juga menyebutkan, tahun ini terjaid peningkatan jumlah jamaah haji sebanyak 105 orang menjadi 230 orang. Bagi yang berangkat pada tanggal 1 Juni 2023 tergabung dalam kloter 14 embarkasi Hasanuddin.

Kemudian penambahan sebanyak 32 orang jamaah yang pemberangkatannya 19 Juni 2023 yang tergabung dalam kloter 43 sehingga total jamaah haji Luwu Utara tahun ini sebanyak 262 orang.

#pemkab luwu utara #Iduladha