Kamis, 29 Juni 2023 13:10

2.811 Ekor Sapi dan 18 Ekor Kambing Hewan Qurban di Wajo, Amran Mahmud Apresiasi Shohibul Qurban

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
2.811 Ekor Sapi dan 18 Ekor Kambing Hewan Qurban di Wajo, Amran Mahmud Apresiasi Shohibul Qurban

Adapun data sementara jumlah total hewan qurban di Kabupaten Wajo tahun ini sebanyak 2.829 ekor, dengan rincian 2.811 ekor sapi dan 18 ekor kambing.

RAKYATKU.COM, WAJO -- Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 H, Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Ketua TP PKK, Sitti Maryam bersama Jajaran Forkopimda dan Kepala Kantor Kemenag Wajo, Muhammad Yunus memantau langsung pelaksanaan pemotongan hewan qurban di beberapa tempat, Kamis (29/6/2023).

Mulai dari, Tempat Pemotongan di Kelurahan Maddukkelleng lalu ke Masjid Ahmad Subhan dan Masjid Lailatul Qadar Kecamatan Tempe serta di Kantor Kemenag Kabupaten Wajo. Bahkan di salah satu lokasi pemotongan tampak hadir Anggota DPR RI, Andi Yuliani Paris.

Untuk Idul Adha tahun ini, Amran Mahmud berqurban 5 ekor sapi dan Wakil Bupati Amran berqurban 2 ekor sapi. Adapun data sementara jumlah total hewan qurban di Kabupaten Wajo tahun ini sebanyak 2.829 ekor, dengan rincian 2.811 ekor sapi dan 18 ekor kambing.

Baca Juga : DBR Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Wajo ke PKB

Saat meninjau pelaksanaan pemotongan hewan qurban, Amran Mahmud juga menyempatkan memotong sendiri hewan qurbannya.

Amran Mahmud menyebut hikmah ibadah qurban sangat terasa, baik untuk yang berqurban maupun mereka yang penerima manfaat. "Qurban ini bukan sekadar menjalani ibadah kepada Allah SWT dan berbagi kepada sesama manusia, tapi juga merajut komunikasi dan silaturahmi di antara kita," ucap suami Sitti Maryam ini.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim ini mengurai hikmah dari berqurban diantaranya adalah mengingatkan kita akan bersyukur atas segala rezeki dan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Juga, momen ini mengingatkan kepada keteladanan Nabi Ibrahim AS dan kesabaran Nabi Ismail AS.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Selain itu, dalam hadits juga disebutkan bahwa setiap helai bulu hewan kurban terdapat satu kebaikan. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya pahala yang akan kita dapat setelah menunaikan ibadah ini.

"Akan tetapi yang paling penting adalah bagaimana berbagi dengan saudara-saudara kita, khususnya penerima manfaat sehingga mereka bisa turut merasakan kebahagiaan di hari Idul Adha ini," ucapnya.

Amran Mahmud pun menyampaikan terima kasih kepada semua shohibul qurban yang telah berqurban dan berbagi untuk sesama.

Baca Juga : Kabupaten Wajo Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis P2HAM

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H, Semoga kita semua senantiasa mengikuti keteladanan Nabi Ibrahim Alaihissalam khususnya dalam meningkatkan ketaqwaan," pungkasnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut, Amran Mahmud bersama Forkopimda membagikan potongan hewan qurban tanpa menggunakan kantong plastik sesuai edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

#pemkab wajo #Iduladha